Pengembangan pembelajaran e-learning berbasis moodle pada materi pedosfer kelas X Sekolah Menengah Atas / Hendra Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran e-learning berbasis moodle pada materi pedosfer kelas X Sekolah Menengah Atas / Hendra Pratama

Pratama, Hendra (2011) Pengembangan pembelajaran e-learning berbasis moodle pada materi pedosfer kelas X Sekolah Menengah Atas / Hendra Pratama. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (2) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata Kunci Geografi Pengembangan E-learning Moodle dan Pedosfer. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat mendorong berbagai lembaga pendidikan memanfaatkan sistem e-learning untuk meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas pembelajaran. Teknologi dalam e-learning dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan kualitas pembelajaran interaktif dan dukungan pada pelaksanaan pertemuan tatap muka di kelas (blended learning). inovasi ini dimanfaatkan untuk mendukung pembelajaran materi pedosfer untuk siswa kelas X di SMAN I Malang. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi pembelajaran e-learning pada materi pedosfer yang dapat digunakan sebagai suplemen pembelajaran dan menjadi alat bantu pembelajaran untuk penyampaian materi dan tugas-tugas terstruktur siswa kelas X di SMAN I Malang. Penelitian pengembangan ini menggunakan Learning Management System (LMS) moodle untuk mendesain dan mengatur penyelenggaraan pembelajaran. Prosedur pengembangan pembelajaran e-learning ini melalui 5 tahapan yaitu tahap analisis tahan desain tahap pengembangan tahap implementasi dan tahap evaluasi. Produk pengembangan yang dihasilkan berbentuk (1) model web learning materi pedosfer dan (2) panduan penggunaan untuk siswa dan guru. Pengembangan pembelajaran berbasis e-learning ini telah diujicoba pada kegiatan pembelajaran pada materi pedosfer di SMAN I Malang semester genap tepatnya pada bulan januari hingga awal maret tahun pelajaran 2010-2011. Ujicoba awal berupa pelatihan langsung tentang pengoperasian e-learning secara keseluruhan pada kelas X-7 SMAN I Malang dengan jumlah 37 siswa. Setelah pelatihan selesai maka dilanjutkan implemetasi yaitu penggunaan dalam pembelajaran dimana semua fitur dapat diakses oleh siswa. Hasil implementasi dengan 7 indikator menunjukan hasil implementasi dalam pembelajaran berdasarkan rating scale mendapatkan prosentase 74 4%. Revisi dilakukan berdasarkan data yang diperoleh dari hasil implementasi dalam pembelajaran dan masukan dari guru dan siswa. Dari hasil pengujian sistem e-learning ini rata-rata responden tertarik dan antusias menggunakan model pembelajaran ini. Hasil pengembangan telah divalidasi ahli materi dan ahli media masing-masing mendapatkan prosentase 74 3% dan 91 %. Hasil tersebut menunjukkan hasil pengembangan produk sudah baik dan layak untuk digunakan oleh siswa. Berdasarkan temuan penelitian beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan pengembangan e-learning adalah kajian-kajian pada pemanfaatannya sebagai komplemen pembelajaran. Kajian tersebut meliputi evaluasi dalam hal (1) karakteristik siswa sampai sejauh mana kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran berbasis e-learning (2) kesiapan guru pengampu dan pengelola web (admin) (3) ketersediaan perangkat penunjang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62228

Actions (login required)

View Item View Item