Penyusunan basis data pendidikan sekolah menengah atas (SMA) Negeri kota Surabaya berbasis sistem informasi geografi (SIG) dengan menggunakan software ARCGIS / Depi Priyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyusunan basis data pendidikan sekolah menengah atas (SMA) Negeri kota Surabaya berbasis sistem informasi geografi (SIG) dengan menggunakan software ARCGIS / Depi Priyono

Priyono, Depi (2011) Penyusunan basis data pendidikan sekolah menengah atas (SMA) Negeri kota Surabaya berbasis sistem informasi geografi (SIG) dengan menggunakan software ARCGIS / Depi Priyono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Agus Suryantoro M.Si (2) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. Kata kunci pendidikan SIG data spasial georeference Standar Nasional Pendidikan evaluasi strategis. Pendidikan merupakan bagian terpenting dalam proses kehidupan berbangsa dan bernegara. Permasalahan dalam bidang pendidikan yang ada saat ini diperlukan suatu kebijakan dari pemerintah yang komprehensif dan bersifat multidimensi. Informasi mengenai basis data pendidikan dapat dijadikan data awal guna menentukan kebijakan lebih lanjut. Sistem Informasi Geografis (SIG) sebagai sistem yang mampu mengakomodasi data spasial yang ber-georeference dengan data atribut menjadi sebuah tampilan yang mampu memberikan analisis keruangan. Dengan adanya pengembangan SIG untuk informasi kependidikan pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Surabaya khususnya dan Kementerian Pendidikan Nasional umumnya dapat menghasilkan suatu evaluasi strategis pendidikan dengan konsep DBMS (Data Base Management System) yang kemudian menjadi dasar pertimbangan kebijakan pendidikan yang bersifat perbaikan maupun pengembangan pendidikan. Tujuannya adalah penyusunan basis data pendidikan SMA Negeri Kota Surabaya berbasis SIG dengan menggambarkan kondisi tiga komponen utama pendidikan yaitu kesiswaan tenga kependidikan dan sarana prasarana pendidikan. Dalam penelitian ini semua kajian menggunakan pendekatan kualitatif. Bahwa berdasarkan hasil pengakumulasian data kependidikan berbasis SIG untuk wilayah penelitian SMA Negeri kota Surabaya menunjukkan sebuah pelayanan kependidikan yang cukup optimal sebagai bagian dari pengupayaan guna memenuhi Standar Pelayanan Minimum yang termaktub dalam Standar Nasional Pendidikan. Dari 22 SMA Negeri di Kota Surabaya tersimpulkan ada 3 SMAN yang memiliki tingkat pelayanan kependidikan tertinggi yaitu SMAN 5 SMAN 2 dan SMAN 15. Mengikuti di bawahnya adalah SMAN 16 SMAN 6 SMAN 9 SMAN 4 dan SMAN 1. Pengembangan SIG sebagai media informasi kependidikan diharapkan nantinya akan menjadi suatu keakraban sehingga penerapan SIG berjalan di semua lembaga pendidikan tentunya dengan berbagai perangkat yang harus disiapkan dan maintenance (perawatan) yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62227

Actions (login required)

View Item View Item