Pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Peusangan Bireuen Aceh / Aisyah A. Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Peusangan Bireuen Aceh / Aisyah A. Rahman

Rahman, Aisyah A. (2011) Pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Peusangan Bireuen Aceh / Aisyah A. Rahman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Ach. Fatchan M.Pd. M.Si. (2) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd. Kata kunci media gambar hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis materi geografi dinamika litosfer dan pedosfer memerlukan media pembelajaran namun guru mengabaikannya. Dalam hal ini pembelajaran masih bergantung pada penjelasan guru tanpa ada inisiatif untuk memodifikasikan dengan strategi yang lebih menarik. Penggunaan media pembelajaran pada materi tersebut sangat diperlukan karena karakteristiknya ber-sifat kontekstual. Ketepatan media yang digunakan sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dalam hal ini materi dinamika litosfer dan pedosfer sangat sesuai menggunakan media gambar karena media tersebut memiliki beberapa ke-unggulan antara lain (a) sifatnya konkrit (b) gambar dapat membatasi ruang dan waktu (c) gambar dapat mengatasi keterbatasan pengamatan panca indera (d) memperjelas suatu sajian masalah dalam bidang apa saja dan untuk usia berapa saja (e) media gambar lebih murah harganya mudah didapat dan digunakan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan media gambar dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan media gambar pada materi dinamika litosfer dan pedosfer dan apakah media pembelajaran gambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Peusangan Bireuen Aceh pada materi dinamika litosfer dan pedosfer Hipotesis yang diuji dalam penelitian yaitu (1) ada perbedaan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan media gambar dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan media gambar pada materi dinamika litosfer dan pedosfer (2) Media pembelajaran gambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Peusangan Bireuen Aceh pada materi dinamika litosfer dan pedosfer. Untuk menguji hipotesis tersebut penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan eksperimen semu (quasi experiment). Variabel penelitian yaitu (1) variabel terikat adalah hasil belajar siswa (2) variabel bebas adalah media gambar. Data hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan tes hasil belajar. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t dengan bantuan komputer program SPSS 16 0 for windows. Skor tes hasil belajar siswa ditentukan berdasarkan perbedaan skor pascates dan skor prates atau disebut juga dengan gain score (skor pascates dari masing-masing subjek dikurangi dengan skor prates). Gain score menggambarkan hasil belajar geografi semua subjek baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (a) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan media gambar dan siswa yang belajar tanpa menggunakan media gambar (2) media pembelajaran gambar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Peusangan Bireuen Aceh pada materi dinamika litosfer dan pedosfer. Hal ini dapat dilihat dari nilai t 2 811 dan signifikansi dua ekor 0 006 sehingga p 0 05. Di samping itu dapat dikemukakan bahwa pembelajaran dengan meng-gunakan media gambar lebih baik daripada tanpa media gambar (pembelajaran yang terfokus pada urutan buku teks). Hal ini dapat dilihat dari perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen (8 13) dan kelas kontrol (7 00).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62224

Actions (login required)

View Item View Item