Pengembangan buku teks geografi SMA/MA kelas X pada materi dinamika litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dengan menggunakan model Dick & Carey / Maulidariah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku teks geografi SMA/MA kelas X pada materi dinamika litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dengan menggunakan model Dick & Carey / Maulidariah

Maulidariah (2011) Pengembangan buku teks geografi SMA/MA kelas X pada materi dinamika litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dengan menggunakan model Dick & Carey / Maulidariah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd. (II) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. Kata kunci pengembangan buku teks geografi model Dick Carey. Buku teks memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Bagi guru buku teks merupakan sumber informasi yang dijadikan sebagai pedoman untuk mengajar. Bagi siswa buku teks merupakan salah satu sumber belajar utama yang dapat meningkatkan kemampuannya memahami bidang studi tertentu. Namun demikian kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa buku teks yang beredar di pasaran memiliki berbagai permasalahan. Minimal ada tiga masalah mendasar yang berhubungan dengan buku teks yakni 1) kebenaran kebahasaan 2) kebenaran isi/materi dan 3) kemenarikan penyajian. Salah satu jenis buku teks yang dinilai bermasalah adalah buku teks geografi untuk siswa SMA/MA. Buku teks geografi yang memiliki ciri khas dibandingkan dengan mata pelajaran lain ditulis tanpa memperhatikan hakikat ilmu geografi. Hasil analisis dari buku teks geografi SMA/MA yang ditulis oleh Sugara (2006) pada materi litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan menunjukkan adanya permasalahan serius yang berhubungan dengan ciri khas kajian geografi ditinjau berdasarkan aspek kebahasaan materi dan penyajian. Solusi terhadap permasalahan kebahasaan materi/isi dan penyajian buku teks geografi maka penelitian ini dirancang dengan rancangan penelitian dan pengembangan. Produk buku teks yang dikembangkan berdasarkan kaidah keilmuan geografi dan kurikulum KTSP melalui modifikasi model Dick Carey (2001). Prosedur pengembangan ini model ini terdiri atas sepuluh langkah namun dalam pengembangan ini hanya dilakukan lima langkah yakni (1) mengidentifikasi standar kompetensi kompetensi dasar dan indikator berdasarkan konsep BSNP (2) melakukan analisis materi pelajaran (3) menyusun dan penulisan buku teks (4) memvalidasi buku teks (5) merevisi produk akhir hasil pengembangan buku teks. Uji coba produk hasil pengembangan meliputi (1) rancangan uji coba untuk mengetahui mengetahui tingkat validitas dan kualitas produk. Tingkat validitas dilaksanakan melalui 2 tahap yakni (a) review oleh ahli isi/materi ahli desain pembelajaran dan ahli bahasa dan (b) uji coba lapangan. Kelayakan buku teks diketahui melalui hasil tanggapan ahli siswa dan guru melalui hasil saran dan tanggapan dalam angket (2) subjek coba yang terdiri dari siswa SMA kelas X dan guru mata pelajaran Geografi di SMAN 1 Matang Kuli dan SMAN 1 Tanah Luas. Pada tahap uji coba lapangan melibatkan dua kelas pada dua sekolah dengan jumlah yang sesuai dengan keadaan siswa di tempat uji coba lapangan dilakukan (3) jenis data terdiri dari data data kualitatif dan data kuantitatif. Data tersebut diperoleh dari ujicoba lapangan melalui angket tanggapan dari siswa dan guru serta dari soal-soal latihan yang dikerjakan siswa (4) instrumen pengumpulan data berupa instrumen angket dan soal/evaluasi untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dan (5) teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Buku teks yang dikembangkan berupa mata pelajaran Geografi SMA/MA Kelas X pada materi Dinamika Litosfer dan Pedosfer serta Dampaknya terhadap Kehidupan. Pengembangan ini diharapkan dapat menghasilkan buku teks yang sesuai dengan kaidah keilmuan geografi. Hasil uji coba lapangan yang dilakukan di SMAN 1 Tanah Luas dan SMAN 1 Matang Kuli menunjukkan 1) hasil tanggapan siswa di kedua sekolah adalah 83 97% dari yang diharapkan 100% apabila dikonversi dengan tabel skala kelayakan produk persentase tingkat pencapaian 83 97% berada pada kualifikasi efisien dan tidak perlu direvisi 2) tingkat pemahaman siswa terhadap buku teks yang dikembangkan adalah baik hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata tingkat pemahaman siswa 77 64 (lebih besar dari KKM yaitu 70) dan persentase tingkat pemahaman siswa 84 29% apabila dikonversi dengan tabel kriteria tingkat pemahaman tingkat pemahaman siswa berada pada kategori baik yaitu pada persentase 80% - 89% 3) nilai hasil tanggapan guru diperoleh skor angket 172 dari 200 skor ideal kriterium atau 80 33% dari yang diharapkan 100%. Saran pemanfaatan (a) Bagi guru dan siswa harus memperhatikan tentang buku ini yang pada bagian awal dari buku teks yang dikembangkan (b) sebelum mempelajari buku teks ini baca dan pahamilah abstraksi isi buku teks yang diwakili oleh pohon materi yang tersedia (c) untuk membantu memahami setiap uraian materi guru dan siswa dapat melihat kata kunci yang tersedia di tiap permulaan uraian materi (d) dalam setiap uraian materi jangan lewatkan latihan/tugas yang telah disediakan (e) bila terdapat istilah asing yang kurang di mengerti siswa dapat melihat lembar glosarium yang terdapat di dalam buku teks. Saran desiminasi pelaksanaan seminar penyebarluasan melalui wadah MGMP dan pemuatan dalam bentuk e-book merupakan suatu upaya diseminasi buku teks hasil pengembangan secara meluas kepada para pihak (guru siswa pemerintah dan akademisi). Penyebarluasan itu penting dilakukan untuk memperoleh tanggapan meluas dari masyarakat pengguna dan pemerintah sebagai penentu kebijakan khusus tentang kurikulum. Saran pengembangan selanjutnya (a) karena uji coba produk hanya berasal dari data hasil tanggapan siswa dan guru terhadap kemenarikan dan kelayakan materi yang ada dalam buku teks geografi yang dikembangkan dan tes pemahaman siswa serta belum sampai pada tahapan penggunaan buku teks tersebut dalam proses pembelajaran sesungguhnya maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas penggunaan produk dalam pembelajaran sesungguhnya (2) uji coba buku teks ini terbatas di Kabupaten Aceh Utara. Untuk menghasilkan buku teks yang berlaku secara nasional sebaiknya dilakukan uji coba lapangan dengan mengambil sampel yang diperluas di wilayah Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62223

Actions (login required)

View Item View Item