Angriani, Parida (2011) Pengembangan modul mata kuliah pengembangan media pembelajaran geografi pada Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unlam Banjarmasin / Parida Angriani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (2) Dr. Agus Suryantoro M.Si. Kata kunci pengembangan modul mata kuliah Pengembangan Media Pembelajaran Geografi. Mata kuliah Pengembangan Media Pembelajaran Geografi merupakan mata kuliah wajib Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UNLAM Banjarmasin. Bentuk pembelajaran yang biasa digunakan dalam mata kuliah ini adalah metode ceramah dan latihan yang tidak terprogram. Hal ini mengakibatkan peran dosen dalam proses pembelajaran sangat dominan. Kendala lain yang dihadapi adalah kurang tersedianya sumber belajar bagi mahasiswa pada mata kuliah yang bersangkutan terutama yang khusus membahas tentang media pembelajaran Geografi. Permasalahan ini dipecahkan melalui pengembangan modul yang dilengkapi dengan panduan dosen silabus dan lembar kerja mahasiswa untuk mata kuliah Pengembangan Media Pembelajaran Geografi. Modul disusun berdasarkan pada prinsip dan prosedur penulisan modul. Model pengembangan yang digunakan untuk pengembangan modul adalah model Dick Carey. Tahapan pengembangan terdiri atas 4 tahapan yaitu (1) menentukan mata kuliah yang akan dikembangkan bahan pembelajarannya (2) menganalisis kebutuhan (3) mengembangkan modul dengan mengadaptasi langkah-langkah model Dick Carey dan (4) melakukan evaluasi formatif. Penilaian produk dalam pengembangan modul ini meliputi (1) rancangan penilaian dan uji coba untuk mengetahui tingkat validitas melalui 2 tahap yakni (a) review oleh ahli isi ahli rancangan pembelajaran dan ahli bahasa dan (b) uji coba lapangan untuk kualitas produk diketahui melalui hasil tanggapan dari dosen pengampu mata kuliah dan mahasiswa pada saat uji lapangan (2) subjek coba yang terdiri dari ahli isi ahli rancangan pembelajaran ahli bahasa dosen serta mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UNLAM pada semester VI (3) jenis data terdiri dari data hasil validasi para ahli data hasil review mahasiswa dan dosen pengampu (4) instrumen pengumpulan data berupa angket tanggapan dari para ahli mahasiswa dan dosen pengampu dan (5) teknik analisis data yang terdiri atas analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis kebutuhan ditemukan bahwa (1) mahasiswa tertarik pada materi Pengembangan Media Pembelajaran Geografi dan menganggap materi tersebut benar-benar dibutuhkan sebagai bekal menjadi guru Geografi yang profesional (2) bentuk materi yang selama ini digunakan dosen masih berupa handout yang materinya belum tersusun dengan baik jadi dosen dan mahasiswa sangat setuju jika bahan disusun dalam bentuk modul yang memiliki komponen yang lengkap dan (3) bahan yang disusun memuat kebutuhan mahasiswa akan (a) pengetahuan tentang media utama yang digunakan dalam pembelajaran Geografi keterampilan dalam menggunakan media utama tersebut dalam pembelajaran dan memiliki keterampilan dalam menggunakan alat-alat praktikum Geografi guna memudahkan mempelajari materi Geografi (b) penguasaan kemampuan dalam memanfaatkan dan memilih media pembelajaran serta kemampuan merancang dan membuat media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan (c) materi tentang komputer yang digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil identifikasi karakteristik mahasiswa ditemukan bahwa (1) kemampuan awal yang dijaring melalui prates menunjukkan rata-rata skornya 40 87 dan termasuk dalam kategori kurang hal ini dikarenakan pengetahuan mereka masih terbatas dan belum memperoleh masukan tentang pengembangan media pembelajaran dan (2) mereka tertarik terhadap profesi guru Geografi untuk itu mereka harus memiliki keterampilan dalam pengembangan media pembelajaran terutama media pembelajaran Geografi. Produk yang dihasilkan berupa modul mata kuliah Pengembangan Media Pembelajaran Geografi dilengkapi dengan panduan dosen silabus dan lembar kerja mahasiswa. Berdasarkan hasil evaluasi dari ahli isi modul berada dalam kategori baik (88 33%). Hasil evaluasi dari ahli rancangan pembelajaran modul berada dalam kategori baik (81 02%) panduan dosen berada pada kategori baik (76 67% ) dan silabus berada pada kategori baik (75 55%). Hasil evaluasi dari ahli bahasa modul berada pada kategori baik (88 33%). Hasil evaluasi lapangan pada mahasiswa modul mata kuliah berada pada kategori baik (81 51%) sedangkan hasil evaluasi dari dosen pengampu mata kuliah modul berada pada kategori sangat baik (95%) dan kecukupan materi contoh latihan dan tugas dinyatakan cukup panduan dosen berada pada kategori baik (86%) dan silabus berada pada kategori sangat baik (90%). Saran pemanfaatan (a) Perhatikan petunjuk penggunaan prasyarat peta informasi dan tujuan pembelajaran dalam setiap unit modul (b) Untuk memahami setiap uraian materi usahakan melihat uraian pengantar yang disajikan sebelumnya (c) Jangan lewatkan latihan dan tugas yang telah disediakan (d) Telusuri daftar bahan bacaan yang ada agar mahasiswa dan dosen dapat mengecek langsung pada buku aslinya dan (e) Telusuri alamat website yang terdapat dalam daftar bahan bacaan agar memperoleh informasi dan pengetahuan yang lebih luas. Saran diseminasi karena produk disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku di Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UNLAM Banjarmasin maka pemanfaatan produk hanya ditujukan kepada mahasiswa yang bersangkutan. Tetapi apabila memungkinkan produk ini dapat juga dimanfaatkan di jurusan lain dengan menyesuaikan isi materi berdasarkan bidang studi yang ditekuni. Salah satu langkah untuk memperkenalkan produk ini adalah dengan memuat hasil produk ke suatu rubrik penulisan buku di alamat suatu website atau mempublikasikan hasil produk ini melalui website pribadi. Saran pengembangan selanjutnya (a) karena uji coba produk hanya berasal dari data hasil tanggapan mahasiswa dan dosen terhadap kemenarikan dan kelayakan materi yang ada dalam modul dan belum sampai pada tahapan penggunaan modul tersebut dalam proses pembelajaran sesungguhnya maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas penggunaan produk dalam pembelajaran sesungguhnya (satu semester) dan (2) agar produk yang dihasilkan lebih berkualitas dibutuhkan waktu penelitian dan pengembangan yang relatif lama (multi years) agar informasi yang diberikan selalu up to date.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Apr 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62221 |
Actions (login required)
View Item |