Pengembangan buku teks geografi SMA/MA kelas XI pada materi menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer dengan model Dick and Carey / Muhammad Yusuf - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku teks geografi SMA/MA kelas XI pada materi menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer dengan model Dick and Carey / Muhammad Yusuf

Yusuf, Muhammad (2010) Pengembangan buku teks geografi SMA/MA kelas XI pada materi menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer dengan model Dick and Carey / Muhammad Yusuf. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Buku teks geografi SMA/MA kelas XI Pengembangan Model Dick and Carey Berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) buku teks memuat tiga komponen yakni (1) memenuhi komponen kebahasaan (2) komponen isi dan (3) komponen penyajian. Keberadaan buku teks geografi SMA/MA Kelas XI Semester I yang ditulis oleh K. Wardiyatmoko 2006 penerbit Erlangga pada standar kompetensi menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer masih banyak menunjukkan kelemahan yang mendasar Pertama teks geografi mengabaikan aspek kebenaran bahasa fakta/data konsep generalisasi kebenaran penyajian gambar serta ketercernaan materi. Kedua buku teks geografi tidak mencerminkan ciri khas kajian geografi yakni menyangkut aspek objek studi formal (keruangan kelingkungan dan konteks wilayah) dan objek studi material dalam hal interaksi interrelasi dan interdepedensi. Oleh karena itu diperlukan alternatif pemecahan masalah dengan mengembangkan buku teks yang mengarah pada perbaikan dari tiap aspek tersebut. Produk buku teks yang dikembangkan dalam riset ini berdasarkan kaidah keilmuan geografi dan kurikulum KTSP melalui modifikasi model Dick dan Carey (2001). Prosedur pengembangan terdiri atas sepuluh langkah namun dalam pengembangan ini hanya dilakukan lima langkah yakni (1) mengidentifikasi standar kompetensi kompetensi dasar dan indikator berdasarkan konsep BSNP (2) melakukan analisis materi pelalajaran (3) menyusun dan menulis buku teks (4) memvalidasi buku teks (5) merevisi produk akhir hasil pengembangan buku teks. Buku teks yang dikembangkan berupa mata pelajaran Geografi SMA/MA Kelas XI pada materi Menganalisis Fenomena Biosfer dan Antroposfer. Pengembangan diharapkan dapat menghasilkan buku teks yang sesuai dengan kaidah keilmuan geografi. Hasil uji coba oleh ahli materi buku teks berada dalam kategori efektif (83 04%). Hasil uji coba oleh ahli bahasa buku teks berada dalam kategori sangat efektif (89 00%) tetapi masih ada 8 kesalahan dalam pengetikan 5 kesalahan penggunaan tanda baca 9 kesalahan penggunaan huruf yang seharusnya huruf besar (kapital) 6 kesalahan penggunaan huruf yang seharusnya huruf kecil dan 3 catatan tertulis dalam buku teks yang perlu di perbaiki. Hasil uji coba oleh ahli media pembelajaran buku teks berada dalam kategori efektif (73 04%). Hasil uji coba lapangan pada siswa buku teks berada dalam kategori sangat efesien (87 33%). Hasil uji coba lapangan pada guru buku teks berada dalam kategori sangat efesien (89 33%). Saran pemanfaatan buku teks (1) bagi guru harus memperhatikan petunjuk penggunaannya pada bagian awal dari buku ini (2) bagi siswa dan guru dalam memahami isi buku lebih difokuskan membaca materi yang berkaitan langsung dengan indikator sedangkan materi lainnya sebagai pendalaman dari materi utama (3) bagi siswa pada setiap lembaran buku teks yang terdapat kosa kata asing telah dilengkapi dengan kolom definisi istilah. Jika mengalami kesulitan memahami kosa kata asing tersebut sebaiknya siswa memperhatikan kolom definisi istilah (4) bagi siswa dan guru yang ingin mendalami materi lebih dalam maka pada beberapa bagian isi buku telah dicantumkan alamat website yang bisa dikunjungi dan langsung berhubungan dengan materi yang disajikan dan (5) bagi siswa dan guru untuk memahami gambar dengan jelas perhatikan kolom penjelasan pada masing-masing gambar/foto. Saran desiminasi sebaiknya (1) dilaksanakan seminar skala regional bahkan nasional tentang pengembangan buku teks geografi untuk SMA/MA (2) Buku teks diperkenalkan kepada forum-forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) bidang studi Geografi dan (3) buku teks dimuat dalam suatu rubrik atau kolom penulisan buku (e-book) di alamat suatu website. Saran pengembangan selanjutnya sebaiknya (1) dilakukan pengembangan produk buku teks secara utuh yakni semester I dan semester II pada kelas yang sama (2) dilakukan uji coba lapangan dengan mengambil sampel yang diperluas di wilayah Indonesia (3) dilakukan tes kemampuan siswa sebelum dan sesudah membaca buku hasil pengembangan buku teks.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62218

Actions (login required)

View Item View Item