Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui metode pemberian tugas pada materi sumber daya alam di kelas XI IS SMA Assa'adah Bungah Gresik tahun 2007-2008 / Rina Natalina - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui metode pemberian tugas pada materi sumber daya alam di kelas XI IS SMA Assa'adah Bungah Gresik tahun 2007-2008 / Rina Natalina

Natalina, Rina (2010) Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui metode pemberian tugas pada materi sumber daya alam di kelas XI IS SMA Assa'adah Bungah Gresik tahun 2007-2008 / Rina Natalina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. A. Fatchan M.Pd M.Si. (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata kunci Meningkatkan Aktivitas Hasil belajar metode pemberian tugas individu dan kelompok. Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran geografi di SMA Assa adah Bungah Gresik 87% siswa tidak dapat menjawab pertanyaan tentang materi sumber daya alam 80% siswa sama sekali tidak aktif dalam proses pembelajaran. Permasalahan tersebut terjadi akibat dari kondisi siswa yang pasif dan banyak diam. Sehingga mengalami kebosanan dan kejenuan yang berdampak pada hasil belajar siswa yang cenderung rendah dari faktor guru monoton menggunakan metode ceramah tidak memberi kesempatan yang proposional kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu metode pembelajaran yang dipandang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. penerapan metode pemberian tugas individu dan kelompok siswa menjadi lebih aktif dan tidak lagi menghafal fakta-fakta tetapi siswa mengkonstruksi pengetahuan siswa sendiri. Metode pemberian tugas individu dan kelompok dapat mengembangkan keterampilan mengamati gejala geografi secara langsung. Membuat pelajaran menjadi lebih jelas dan konkrit memudahkan siswa memahami bahan pelajaran merangsang siswa untuk lebih aktif mengamati dan mencoba sendiri sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran geografi pada pokok bahasan tentang sumber daya alam dengan menerapkan metode pemberian tugas individu dan kelompok. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas pada semester genap tahun 2007/2008 tepatnya januari 2007. subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IS sebanyak 46 siswa putra. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa pembelajaran geografi pada materi sumber daya alam dengan mengunakan metode pembeerian tugas individu dan kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Rata-rata aktivitas belajar pada siklus I sebesar 67 34% siklus II sebesar 75 69% sehingga mengalami peningkatan sebesar 8 35% pada siklus I ke siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 67 34% siklus II sebesar 75 69% sehingga terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 8 35%. Temuan penelitian pada siklus I adalah 1) ada peningkatan aktivitas dari 55 43% siswa yang aktif menjadi 67 34% yang aktif dalam pembelajaran 2) ada peningkatan hasil belajar yaitu yang semula mendapat niilai antara nilai 85-100 dari tidak ada (0%) menjadi ada 6 siswa (13%) nilai 70-84 dari 6 siswa menjadi 6 (13%) siswa nilai 55-69 ada 19 siswa (41%) menjadi 22 siswa (48%) dan nilai 50-54 dari 3 siswa (7%) menjadi 12 siswa (26%) nilai 0-49 dari 18 siswa (39%) menjadi 0% (tidak ada). Temuan penelitian pada siklus II adalah 1) ada peningkatan aktivitas siswa dari 67 34% siswa yang aktif menjadi 75 69% 2) ada peningkatan hasil belajar siswa yaitu yang mendapat nilai antara 85-100 dari 6 (13%) siswa menjadi 10 (22%) siswa nilai antara 70-84 dari 6 (13%) siswa menjadi 26 (56%) siswa dan nilai 50-54 tidak ada. Dengan demikian dapat disimpulkan penelitian bahwa penerapan metode pemberian tugas individu dan kelompok dalam pembelajaran geografi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya siswa kelas XI IS SMA Assa adah Bungah Gresik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru geografi di SMA hendaknya menerapkan metode pemberian tugas individu dan kelompok dalam pembelajaran geografi pada materi tentang sumber daya alam karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi sekolah diharapkan melalui penelitian ini dapat memberikan sumbangan positif dalam rangka memperbaiki proses belajar geografi dan bagi peneliti lanjut agar dapat memodifikasi dan mengembangkan penerapan metode pemberian tugas individu dan kelompok.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62217

Actions (login required)

View Item View Item