Upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa geografi FPMIPA UNM melalui penerapan metode pemberian tugas secara individu untuk analisis data kependudukan / Erman Syarif - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa geografi FPMIPA UNM melalui penerapan metode pemberian tugas secara individu untuk analisis data kependudukan / Erman Syarif

Syarif, Erman (2010) Upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa geografi FPMIPA UNM melalui penerapan metode pemberian tugas secara individu untuk analisis data kependudukan / Erman Syarif. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Erman Syarif 2009. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Geografi FMIPA UNM Melalui Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Analisis data Kependudukan. Thesis Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Edy Purwanto. M.Pd (2) Dr. Agus Suryantoro. M.Si Kata Kunci Pemberian Tugas Secara Individu Hasil Belajar Penerapan metode pemberian tugas secara individu analisis data kependudukan bagi mahasiswa program studi pendidikan geografi dilatar- belakangi oleh permasalahan (1) hasil belajar mahasiswa pada matakuliah geografi penduduk/demografi tergolong rendah rata-rata untuk angkatan 2005 1 77 dengan rincian nilai A 5% nilai B 17% nilai C 41% nilai D 25% dan nilai E 12% dan rata-rata untuk angkatan 2006 1 57 dengan rincian nilai B 10% nilai C 67% nilai D 4% dan nilai E 19% (2) motivasi dan aktivitas belajar mahasiswa pada saat pembelajaran rendah (3) beberapa tugas atau latihan baik di dalam kelas maupun di rumah tidak diperiksa dan dinilai oleh dosen sehingga mereka kurang berminat dan termotivasi dan (4) beberapa dosen dalam proses pembelajaran hanya menerapkan metode ceramah tanya jawab dan diskusi. Masalah dalam penelitian ini yakni apakah penerapan metode pemberian tugas secara individu analisis data kependudukan matakuliah geografi penduduk/demografi dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa geografi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa Jurusan Geografi FMIPA UNM melalui penerapan metode pemberian tugas secara individu analisis data kependudukan. Penelitian ini dirancang dengan Penelitian Tindakan Kelas yang disusun dalam satuan siklus meliputi (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiwa melalui penerapan metode pemberian tugas analisis data kependudukan mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan I ke siklus I pertemuan II sebesar 4 62% menuju ke siklus II pertemuan I meningkat sebesar 4 39% menuju ke siklus II pertemuan II meningkat sebesar 11 50%. Hasil belajar mahasiswa pada siklus I memiliki rata-rata 76 41 dan pada siklus II memiliki rata-rata 86 25 maka diperoleh selisih tingkat keberhasilan untuk hasil belajar sebesar 9 84. Hasil perhitungan yang telah dilakukan menunjukkan hasil persentase keberhasilan sebesar 12 88%. Berdasarkan hasil pembahasan disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan metode pemberian tugas secara individu analisis data kependudukan. Penerapan metode pemberian tugas secara individu tersebut dapat merangsang pola pikir mahasiswa sehingga berdampak pada hasil belajar mereka. Oleh sebab itu disarankan bagi dosen (1) agar perolehan hasil belajar mahasiswa meningkat sebaiknya temuan penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan menerapkan metode pemberian tugas dan (2) Perlu adanya pengelolaan kelas yang lebih baik terutama dalam mengatasi mahasiswa yang sering membuat ramai dan gaduh dalam proses pembelajaran sehingga pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62214

Actions (login required)

View Item View Item