Miswar, Dedy (2009) Meningkatkan penguasaan penginderaan jauh pokok bahasan interpretasi citra melalui praktik laboratorium, praktik lapangan, dan mengolah data pada mahasiswa pendidikan geografi Universitas Lampung / Dedy Miswar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dedy Miswar 2009 Meningkatkan Penguasaan Penginderaan Jauh Pokok Bahasan Interpretasi Citra Melalui Praktik Laboratorium Praktik Lapangan Dan Mengolah Data Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Lampung. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Suryantoro M Si. Pembimbing (II) Prof. Dr. Ach. Fatchan M.Pd. M.Si. Kata Kunci Interpretasi Citra Praktik Proses Pembelajaran Mahasiswa mengalami kesulitan terutama penguasaan penginderaan jauh pada pokok bahasan interpretasi citra data penginderaan jauh baik menggunakan foto udara maupun citra satelit. Kesulitan tersebut dihadapi mahasiswa pada saat mereka melakukan Praktik Pengenalan Lapangan (PPL) di sekolah. Siswa lebih banyak bertanya dengan penekanan pada aplikasi penginderaan jauh untuk ber-bagai tujuan Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penguasaan mahasiswa tentang penginderaan jauh terutama pada pokok bahasan interpretasi citra melalui praktik laboratorium praktik lapangan dan mengolah data hasil lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas untuk mahasiswa semester V merupakan subjek dalam penelitian. Penelitian ini yang dilandasi prinsip situational yang berpijak pada realitas di lapangan. Hasil penelitian yang didapatkan pada siklus I bahwa mahasiswa belum memahami penginderaan jauh hal ini dapat dilihat dari nilai kuis (pre tes I) terdapat 57 14% mahasiswa yang mendapat nilai 8804 59 sedangkan yang mendapat nilai 8805 70 ada 7 14% dari jumlah mahasiswa 42 orang. Setelah dilakukan kuis (pasca tes I) terdapat 48 72% atau sebanyak 19 mahasiswa yang mendapatkan nilai 8804 59 sedang yang mendapatkan nilai 8805 70 ada 19 05% atau sebanyak 8 maha-siswa. Pada siklus II dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan praktik interpretasi di laboratorium. Nilai yang diperoleh pada siklus ini adalah 23 81% atau 10 mahasiswa yang mendapatkan nilai 8804 59 pada pre tes I sedang yang mendapatkan nilai 8805 70 ada 40 48% atau 17 mahasiswa dan nilai pasca tes I 0% atau 0 mahasiswa yang nilai 8804 59 sedang yang mendapat nilai 8805 70 ada 83 33% atau 35 mahasiswa. Simpulan dari penelitian tersebut bahwa ada perbedaan yang signifikan rata-rata nilai yang diperoleh mahasiswa antara yang tidak dilakukan dengan praktik interpretasi citra di laboratorium dengan yang praktik secara intensif merupakan model pembelajaran yang paling efektif bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi. ABSTRACT Dedy Miswar 2009 Improving Domination Of Remote Sensing Fundamental Discussion Interpretation Image Through Practice Laboratory Practice Field And Process Data Student Education Of Geography University of Lampung. Thesis. Program Study Education Of Geography. Program of Pascasarjana University of Malang. Counsellor ( I) Dr. Agus Suryantoro M Si. Counsellor ( II) Prof. Dr. Ach. Fatchan M.Pd. M.Si. Keyword Interpretation Image Practice Process Study. Student find difficulties especially domination of remote sensing at the data image interpretation discussion fundamental of remote sensing to use air photo and also satellite image. The difficulty faced by student at the time of them Practice Recognition of Field (PPL) in school. More student enquire with emphasis at application of remote sensing for target. This research represent research of class action where as semsetr student of V represent object in research. This research use approach of PTK based on principle of situational which tread at reality in field. Result of research got at cycle of I that student not yet comprehended remote sensing this matter can be seen from quiz value ( free test I) there are 57 14% student getting value 8804 59 while getting value 8805 70 there is 7 14% from amount of student 42 people. After one quiz ( pasca test I) there are 48 72% or counted 19 student getting value 8804 59 getting value 8805 70 there is 19 05% or counted 8 student. At cycle of II repair of study by using interpretation practice in laboratories. Value obtained at this cycle is 23 81% or 10 student getting value 8804 59 at I free test getting value 8805 70 there is 40 48% or 17 student and value of pasca tes 0% or 0 student which is value 8804 59 getting value 8805 70 there is 83 33% or 35 student. From the result can be concluded by that there is difference which is obtained value mean significant is student which do not be with image interpretation practice in laboratory with practice intensively represent most effective study model to Program Study student Education of Geography.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62210 |
Actions (login required)
View Item |