Peningkatan kreativitas penyusunan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan hasil belajar dalam pembelajaran pendidikan IPS-Geografi di SD melalui metode pemberian tugas bagi mahasiswa DII PGSD di Blitar / Suminah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kreativitas penyusunan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan hasil belajar dalam pembelajaran pendidikan IPS-Geografi di SD melalui metode pemberian tugas bagi mahasiswa DII PGSD di Blitar / Suminah

Suminah (2010) Peningkatan kreativitas penyusunan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan hasil belajar dalam pembelajaran pendidikan IPS-Geografi di SD melalui metode pemberian tugas bagi mahasiswa DII PGSD di Blitar / Suminah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suminah. 2008. Peningkatan Kreativitas Penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan IPS-Geografi di SD melalui Metode Pemberian Tugas bagi Mahasiswa DII PGSD di Blitar. Tesis Program Studi Pendidikan Geografi Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Dr. Agus Suryantoro M.Si. Kata Kunci kreativitas rancangan pelaksanaan pembelajaran hasil belajar. Pemilihan pembelajaran untuk menyusun Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan hasil belajar melalui metode pemberian tugas bagi mahasiswa D-II PGSD dilatarbelakangi oleh permasalahan belum kreatifnya mahasiswa bagi calon guru dalam membuat indikator menyusun skenario pembelajaran mengembangkan materi menentukan media menyusun evaluasi atau komponen-komponen dalam RPP yang ditargetkan dalam GBPP. Hal tersebut disebabkan dalam pembelajaran belum menggunakan metode dan strategi yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam menyusun Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui metode pemberian tugas agar mahasiswa dapat menuangkan ide-ide atau gagasannya (2) meningkatkan hasil belajar dalam menyusun Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui metode pemberian tugas agar mahasiswa dapat mengimplementasikan deskriptor-deskriptor yang ada dalam RPP. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian disusun dalam satuan siklus secara berdaur meliputi (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pemantauan (4) perefleksian. Kegiatan perefleksian dilakukan setiap akhir siklus dan dijadikan pedoman untuk perbaikan serta rancangan tindakan pada siklus berikutnya. Tahap pelaksanaan penelitian dilakukan secara kolaboratif antara dosen (peneliti) dengan dosen sejawat (pemantau). Hasilnya dapat direkonstruksikan dengan baik. Penelitian dilaksanakan di kampus PGSD Blitar dengan sasaran 40 mahasiswa semester 4 tahun akademik 2007/2008. Peningkatan kreativitas dan hasil belajar menyusun Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilaksanakan dengan (1) pemberian informasi (2) tanya jawab (3) pemberian tugas dan (4) hasil belajar agar memperoleh hasil yang maksimal. Hasil analisis data tentang kreativitas menyusun Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahwa setiap siklus mengalami kenaikan yaitu dari siklus I ke siklus II sebesar 30 persen siklus II ke siklus III pertemuan 1 sebesar 10 persen siklus III pertemuan 1 ke siklus III pertemuan 2 sebesar 25 persen karena waktu yang diberikan lebih dari tiga jam pelajaran (PR). Sedang hasil analisis data tentang hasil belajar menyusun Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahwa setiap siklus mengalami kenaikan yaitu dari siklus I ke siklus II naik sebesar 10 persen siklus II ke siklus III pertemuan 1 sebesar 30 persen siklus III pertemuan 1 ke siklus III pertemuan 2 sebesar 40 persen waktu yang diberikan sangat panjang (sebagai PR). Berdasarkan hasil pembahasan disimpulkan bahwa ada peningkatan kreativitas dan hasil belajar menyusun Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pemberian informasi tanya jawab pemberian tugas dan hasil belajar. Aktivitas-aktivitas tersebut dapat membawa pembelajaran menjadi aktif dan kreatif mahasiswa dapat menuangkan ide-ide dan gagasannya dalam menyusun RPP. Oleh sebab itu disarankan bagi mahasiswa (calon guru) dapat menyusun Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara rutin sebagai tugas sebelum mengajar agar memiliki kreativitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62207

Actions (login required)

View Item View Item