Pengaruh penggunaan multimedia dan gaya belajar terhadap hasil belajar geografi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ngantang Kabupaten Malang pada materi keragaman bentuk bumi, proses pembentukan, dan dampaknya dalam kehidupan / Martina Lona Jusita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan multimedia dan gaya belajar terhadap hasil belajar geografi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ngantang Kabupaten Malang pada materi keragaman bentuk bumi, proses pembentukan, dan dampaknya dalam kehidupan / Martina Lona Jusita

Jusita, Martina Lona (2009) Pengaruh penggunaan multimedia dan gaya belajar terhadap hasil belajar geografi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ngantang Kabupaten Malang pada materi keragaman bentuk bumi, proses pembentukan, dan dampaknya dalam kehidupan / Martina Lona Jusita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran merupakan peristiwa kompleks yang dipengaruhi oleh kondisi internal dan eksternal siswa. Kondisi eksternal merupakan peristiwa yang dapat diamati seperti pengaturan stimulus yang diterima siswa dan hasil belajar sebagai respon. Perubahan internal yang terjadi diharapkan relatif tetap sebagai akibat proses belajar yang memungkinkan siswa melakukan unjuk kerja atau penampilan (performance). Perubahan internal inilah yang disebut dengan learning outcomes kemudian dinamakan hasil belajar. Geografi sebagai bagian mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII khususnya pada materi keragaman bentuk muka bumi proses pembentukan dan dampaknya dalam kehidupan memerlukan media yang dapat memperjelas konsep materi yang disajikan. Media yang paling sesuai adalah gambar foto dan media visual lainnya. Kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan penggunaan media sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan siswa yang beragam. Dalam satu kelas terdiri dari beberapa karakteristik siswa yang berkaitan dengan cara memahami konsep-konsep materi pelajaran menyerap informasi mengatur dan memroses informasi serta mengeluarkan informasi. Dalam memproses informasi terdapat berbagai cara unik yang ditampilkan siswa sebagian lebih mudah memproses melalui informasi visual sebagian lagi dengan mudah memproses bila ada suara (auditorial) dan lainnya akan memahami dengan mudah jika melakukannya dengan praktek secara langsung. Guru hendaknya menghindari asumsi bahwa semua siswa identik tanpa memperhatikan potensi yang berkaitan dengan gaya belajar. Pemilihan media pembelajaran hendaknya dapat mengakomodasi kebutuhan siswa dari satu media pembelajaran diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masing-masing siswa berkaitan dengan gaya belajar. Penelitian ini dimaksudkan untuk membuktikan ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok yang menggunakan multimedia dengan tanpa multimedia ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok siswa yang memiliki gaya belajar visual gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik. Disamping itu untuk membuktikan ada interaksi secara signifikan antara penggunaan multimedia dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Hipotesis yang diuji dalam penelitian yaitu(1)Ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan multimedia dengan kelompok siswa yang belajar tanpa menggunakan multimedia (2)Ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok siswa yang memiliki gaya belajar visual gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik dan(3)Ada interaksi secara signifikan antara penggunaan multimedia dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Untuk menguji hipotesis penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain faktorial 2 x 3. Variabel penelitian yaitu(1)Variabel terikat adalah hasil belajar siswa (2)Variabel bebas adalah multimedia dan(3)Variabel moderator adalah gaya belajar. Data hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan tes hasil belajar data gaya belajar dengan angket gaya belajar. Data hasil pengukuran tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan ANOVA Regresi Ganda dan Uji-t dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS for Windows versi 13. Skor tes hasil belajar geografi ditentukan berdasarkan perbedaan skor pascates dan skor prates atau gain score ( skor pascates dari masing-masing subjek dikurangi skor prates). Gain score menggambarkan hasil belajar geografi dari semua subjek baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Data gaya belajar berupa angket gaya belajar terdiri dari tiga bagian pertanyaan-pertanyaan bagian A berhubungan dengan visual bagian B berhubungan dengan auditorial bagian C berhubungan dengan kinestetik. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan Anava faktorial dua jalur menunjukkan bahwa penggunaan multimedia (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dengan signifikansi 0 000 (p 0 05). Hasil uji-t juga menunjukkan ada perbedaan mean hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan signifikansi 0 046 atau p 0 05. Disamping itu dengan menggunakan uji-t hasil penelitian membuktikan bahwa ada perbedaan signifikan hasil belajar antara siswa yang memiliki gaya belajar visual gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik. Dengan menggunakan Uji Regresi menunjukkan tidak ada interaksi penggunaan multimedia (X1) dan gaya belajar (X2) secara signifikan terhadap hasil belajar. Penggunaan multimedia dalam pembelajaran sangat efektif dan berdaya guna terutama bila disajikan dengan tepat akan memiliki dampak signifikan terhadap hasil belajar. Pembelajaran dengan menggunakan multimedia secara signifikan berpotensi membantu mengakses secara luas pengetahuan dan informasi dalam pembelajaran mempertinggi pengalaman belajar serta secara efektif akan mempertinggi aksesibilitas lingkungan pembelajaran untuk kelompok-kelompok dari beragam siswa dalam mengekplorasi materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62206

Actions (login required)

View Item View Item