Peningkatan aktivitas dan hasil belajar geografi pada pokok bahasan tentang tanah dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas VIII SMP Negeri 2 Candipuro di Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2007/2008 / Ninik Widayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar geografi pada pokok bahasan tentang tanah dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas VIII SMP Negeri 2 Candipuro di Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2007/2008 / Ninik Widayanti

Widayanti, Ninik (2009) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar geografi pada pokok bahasan tentang tanah dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas VIII SMP Negeri 2 Candipuro di Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2007/2008 / Ninik Widayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran geografi di SMP Negeri 2 Candipuro adalah 75% siswa tidak dapat menjawab pertanyaan tentang materi tanah dan 80% siswa sama sekali tidak aktif dalam proses pembelajaran. Permasalahan ter-sebut terjadi akibat dari kondisi siswa yang pasif dan banyak diam sehingga mengalami kebosanan dan kejemuan yang berdampak pada hasil belajar siswa yang cenderung rendah. Dari faktor guru monoton menggunakan metode ceramah tidak memberi kesempatan yang proposional kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu metode pembela-jaran yang dipandang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penera-pan metode demonstrasi dalam pembelajaran geografi khususnya pada materi tanah adalah sangat tepat. Melalui metode demontrasi siswa menjadi lebih aktif dan tidak lagi menghafal fakta-fakta tetapi siswa mengkonstruksi pengetahuan siswa sendiri. Metode demonstrasi dapat mengembangkan ketrampilan mengamati gejala geografi secara langsung membuat pelajaran menjadi lebih jelas dan konkrit memudahkan siswa memehami bahan pelajaran merangsang siswa untuk lebih aktif mengamati dan mencoba sendiri sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil be-lajar siswa dalam pembelajaran geografi pada pokok bahasan tentang tanah dengan menerapkan metode demonstrasi. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan peneliti-an tindakan kelas pada semester ganjil tahun pelajaran 2007/2008 tepatnya pada bulan September-Desember 2007. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C sebanyak 31 siswa terdiri dari 18 siswa putra dan 13 siswa putri. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa pembelajaran geografi pada materi tanah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Rata-rata aktivitas belajar pada siklus I sebesar 62 70 siklus II sebesar 78 23 sehingga mengalami peningkatan sebesar 15 53 pada siklus I ke siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 66 48 siklus II sebesar 74 23 sehingga terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 7 75. Temuan penelitian pada siklus I adalah 1) ada peningkatan aktivitas dari 20% siswa yang aktif menjadi 68% yang aktif dalam pembelajaran 2) ada peningkatan hasil belajar yaitu yang semula mendapat nilai antara nilai 85-100 dari tidak ada (0%) menjadi ada 6 siswa (19%) nilai 70-84 dari 2 siswa menjadi 5 (16%) siswa nilai 55-69 ada 6 siswa(19%) menjadi 12 siswa (39%) dan nilai 40-54 dari 18 siswa (58%) siswa berkurang menjadi 8 siswa (26%) nilai 0-39 dari 4 siswa (13%) menjadi 0% (tidak ada). Temuan penelitian pada siklus II adalah 1) ada peningkatan aktivitas sis-wa dari 62 70% siswa yang aktif menjadi 78 23% 2) ada peningkatan hasil belajar siswa yaitu yang mendapat nilai antara 85-100 dari 6 (19%) siswa menjadi 8 (26%) siswa nilai antara 70-84 dari 5 (16%) menjadi 13 (42%) siswa dan nilai 40-54 tidak ada. Dengan demikian dapat disimpulkan penelitian bahwa penerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran geografi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil be-lajar siswa khususnya siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Candipuro kabupaten Lumajang. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru geografi di SMP hen-daknya menerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran geografi pada materi tentang tanah karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi sekolah diharapkan melalui penelitian ini dapat memberikan sumbangan positif dalam rangka memperbaiki proses belajar mengajar geografi. Dan bagi peneliti lanjut agar dapat memodifikasi dan mengembangkan penerapan metode demonstrasi misal-nya dengan kegiatan discovery-inquiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62205

Actions (login required)

View Item View Item