Peningkatan aktivitas belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis (CIRC) pada pokok bahasan lingkungan hidup dan pelestariannya di kelas VIII MTs Negeri Gandusari Blitar / Sri Mudawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis (CIRC) pada pokok bahasan lingkungan hidup dan pelestariannya di kelas VIII MTs Negeri Gandusari Blitar / Sri Mudawati

Mudawati, Sri (2010) Peningkatan aktivitas belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis (CIRC) pada pokok bahasan lingkungan hidup dan pelestariannya di kelas VIII MTs Negeri Gandusari Blitar / Sri Mudawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran IPS-Geografi di MTsN Gandusari guru me-rasa belum mampu mengoptimalkan aktivitas belajar siswa. Mereka mengalami ke-sulitan dalam membangun komunikasi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa sehingga siswa tampak kurang aktif dalam pembelajaran. Hasil identifikasi awal ditemukan beberapa indikator yakni siswa tidak berani bertanya kurang berani menjawab pertanyaan tidak aktif ketika bekerja dalam kelompok dan jarang yang berani mengemukakan pendapat baik pada waktu kerja kelompok maupun pada waktu presentasi. Berdasarkan identifikasi awal tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis (CIRC) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas VIIIA MTs Negeri Gandusari Blitar pada mata pelajaran IPS-Geografi . Aktivitas belajar yang diamati meliputi (1) aktivitas ketika kerja kelompok aspek yang diamati partisipasi dalam kerja kelompok interaksi antar siswa dalam kerja kelompok situasi pada waktu kerja kelompok dan kemampuan menyusun laporan hasil kerja kelompok dan (2) aktivitas ketika presentasi aspek yang diamati keaktifan atau keberanian dalam bertanya keaktifan atau keberanian dalam menjawab perhatian dalam mengikuti ke-giatan presentasi dan ketepatan waktu dalam kegiatan presentasi. Aktivitas belajar diukur berdasarkan skor aktivitas siswa melalui pengamatan. Untuk memecahkan masalah tersebut digunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis Targgart yang dilakukan dalam siklus. Setiap siklus men-cakup empat langkah yaitu perencanaan pelaksanaan dan observasi refleksi dan re-visi. Adapun subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIIIA MTs Negeri Gandusari Blitar yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode ob-servasi/catatan lapangan wawancara angket dan dokummentasi. Data hasil observa-si/catatan lapangan yang berkaitan dengan aktivitas belajar siswa selama pelaksanaan pembelajaran kooperatif model CIRC dianalisis secara deskriptif melalui tiga kompo-nen yaitu mereduksi paparan data dan penyimpulan. Sedangkan untuk melihat pe-ningkatan aktivitas siswa digunakan teknik persentase selanjutnya dideskripsikan. Hasil penelitian tindakan pembelajaran IPS-Geografi melalui penerapan pem-belajaran kooperatif model CIRC yang dilakukan refleksi dan analisis statistik des-kriptif ditemukan bahwa (1) aktivitas siswa dalam kerja kelompok mengalami pe-ningkatan yaitu pada siklus I mencapai 56 67% dengan kategori cukup siklus II per-sentasenya 58 99% dengan kategori cukup dan pada siklus III mencapai 72 15% dengan kategorinya baik dan (2) aktivitas siswa pada waktu presentasi mengalami pe-ningkatan yaitu pada siklus I mencapai 51 75% dengan kategori kurang siklus II per-sentasenya 58 33% dengan kategori cukup dan pada siklus III mencapai 73 46% dengan kategorinya baik. Dari hasil temuan penelitian tersebut tampak bahwa ak-tivitas kerja kelompok cenderung lebih tinggi dari aktivitas ketika presentasi. Hal ini disebabkan karena siswa lebih berani beraktivitas dalam kelompok dibanding pada waktu presentasi karena pada umumnya siswa merasa takut untuk maju takut salah untuk mengemukakan pendapat di depan kelas maupun menanggapi pendapat siswa lain. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada waktu kerja kelompok pada waktu presentasi dan pelaksanaan pembelajaran kooperatif model CIRC di MTs Negeri Gandusari mengalami peningkatan dari siklus I siklus II dan siklus III pada mata pelajaran IPS-Geografi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menerapkan berbagai teknik pembelajaran kooperatif lain misal-nya Jigsaw Rountable Think-Pair-Share Talking Chip One Stay dan sebagainya dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62204

Actions (login required)

View Item View Item