Murtiningsih (2009) Peningkatan hasil belajar IPS-Geografi melalui media gambar diam kelas IV Sekolah Dasar Negeri Rampal Celaket I Kota Malang tahun ajaran 2006/-2007 / Murtiningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Murtiningsih. 2007. Peningkatan Hasil Belajar IPS Geografi Melalui Media Gambar Diam Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Rampal Celaket I Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto (II) Dr. Ach. Amiruddin. Kata-kata kunci Peningkatan hasil belajar media gambar diam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan saat melaksanakan PPL di SDN Rampal Celaket I Kota Malang. Pada pengamatan tersebut ditemukan berbagai permasalahan yaitu (1) siswa kurang tertarik pada pembelajaran IPS-Georafi nampak siswa kurang memperhatikan penjelasan guru (2) siswa masih kurang berani bertanya kepada guru dan menjawab pertanyaan guru (3) siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran IPS-Geografi (4) materi pelajaran IPS-Geografi pokok bahasan Kenampakan Alam seperti gunung teluk tanjung laut dan sebagainya tergolong konsep konkrit yang sulit didefinisikan. Untuk mengurangi atau mengatasi hal tersebut diperlukan suatu strategi pembelajaran yang dapat membuat siswa tertarik dan senang terhadap pembelajaran IPS Geografi pokok bahasan Kenampakan Alam. Media gambar diam salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan agar siswa tertarik senang dan aktif mendengarkan penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya media gambar diam dalam pembelajaran IPS-Geografi. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV B sebanyak 34 anak terdiri dari 20 putra dan 14 putri. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar diam mampu meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64 85 siklus II sebesar 68 24 sedangkan pada siklus III sebesar 75 sehingga mengalami peningkatan sebesar 3 39 pada siklus I ke siklus II dan peningkatan sebesar 6 76 pada siklus II ke siklus III. Tampak bahwa penerapan media gambar diam dalam pembelajaran IPS-Geografi dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya siswa kelas IVB Sekolah Dasar Negeri Rampal Celaket I Kota Malang. Temuan-temuan yang diperoleh adalah sebagai berikut (1) aktivitas siswa dengan penerapan media gambar diam dalam pembelajaran yang berpusat pada aktivitas siswa mengalami peningkatan (2) penerapan media gambar diam dalam pembelajaran dapat (a) menarik perhatian siswa dalam mendengarkan penjelasan guru sehingga siswa tidak bosan untuk menerima pelajaran (b) memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru (c) membuat siswa sulit untuk melupakan materi pelajaran yang mereka terima karena penyampaian materi pelajaran tidak bersifat verbalistik (d) membuat siswa senang dan puas terhadap pelajaran yang disampaikan oleh guru dan (e) membangkitkan semangat/ motivasi belajar siswa sehingga mereka lebih tertarik untuk giat belajar supaya memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi. Penelitian ini menyarankan bahwa guru IPS Sekolah Dasar hendaknya menerapkan media gambar diam dalam pembelajaran IPS-Geografi pada pokok bahasan yang sesuai antara lain Kenampakan Alam sehingga dapat mengaktifkan siswa. Bagi sekolah diharapkan dapat menciptakan suasana yang kondusif salah satunya dengan menyediakan sarana dan prasarana yang berupa media pembelajaran yaitu media gambar diam supaya pembelajaran IPS-Geografi khususnya pada pokok bahasan Kenampakan Alam dapat berlangsung lebih efektif. Bagi peneliti lanjut disarankan untuk menggunakan media pembelajaran yang tepat dan sesuai sebagai pendukung dalam proses belajar mengajar agar penggunaan media gambar diam dapat terlaksana dengan baik serta materi pelajaran yang disampaikan guru dapat mudah diterima oleh siswa dengan mengalokasikan waktu dengan baik. ABSTRACT Murtiningsih 2007. The Improvement of Geography-Social Studies Learning Achievement Through Motionless Picture Media for the fourth class at Sekolah Dasar Negeri Rampal I Malang City. Supervisor Prof. Dr. Edy Purwanto. Co-supervisor Dr. Ach. Amiruddin. Keywords the improvement of learning achievement motionless picture media. Research takes its background from the observation conducted when the author stands as PPL in SDN Rampal Celaket I Malang City. The observation finds several problems (1) less student s attention to Geography-Social Studies and to teacher s teaching (2) less student s courage to give a question to the teacher and answer teacher s question (3) student s incapability to understand Geography-Social Studies material (4) hardly defined but concrete concept of Geography-Social Studies material with main study of Natural visibility involving mountain bay cape ocean etc. Dealing with this problem needs applying learning strategy to improve student s interest on Geography-Social Studies with main study of Natural Visibility. Motionless picture media refers to a learning media to improve the student s interest pleasure and activeness to listen teacher s teaching. The objective of research is to understand whether the improvement of student s learning achievement becomes evident after the application of motionless picture in Geography-Social Studies lesson. Research subject includes the students of Class IV B 34 students consisting 20 males and 14 females. Results of research at cycle I indicate that learning with motionless picture seems able to improve learning activity and learning result. The average of student s learning achievement in cycle I attains 64.85 while cycle II and III obtains 68.24 and 75. It means that the improvement from cycle I to II and cycle II to III will be 3.39 and 6.76. The results also ascertain that the application of motionless picture in Geography-Social Studies lesson can improve student s learning achievement mainly for the students of Class IV B at Sekolah Dasar Negeri Rampal Celaket I Malang City. The findings show that (1) Student s activity during the application of motionless picture of activity-centered learning has been improved (2) the application of motionless picture in learning successfully (a) attracts the student s attention to listen teacher s teaching and avoids from the student s tiredness (b) put the students in easy way to understand lesson material taught by teachers (c) put the students in hard way to forget the lesson material because of the absence of verbal manner of lesson presentation (d) build up the pleasure and satisfaction among the students toward lesson and (e) comes up the motivation to learn among the students to push them into higher achievement. According to these results the author suggests that Social Science teachers at elementary school should consider motionless picture in learning Geography-Social Studies while adjusting it with main study likes Natural Visibility to activate the students. The school must create a favorable occasion through providing demanded structure and infrastucture like a learning media of motionless picture to enhance the learning effectiveness of Geography-Social Studies in main study of Natural Visibility. Further researches have to use appropriate learning media and to consider it as the support of learning-teaching process to expect favorable application of motionless picture and by properly allocating the time to expect favorable communication between students and teachers.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62203 |
Actions (login required)
View Item |