Sri Sugiharti (2009) Peningkatan hasil belajar IPS-Geografi pada bahan kajian kenampakan alam kelas IVA dengan penggunaan metode pemberian tugas di SD Negeri Penanggungan Kota Malang tahun ajaran 2006/2007 / Sri Sugiharti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran IPS-Geografi Kenampakan Alam di SD Negeri Penanggungan Kelas IVA guru merasa belum mampu mengoptimalkan aktivitas siswa dan perolehan hasil belajar. Mereka merasa kesulitan membelajarkan konsep geografi. Hasil identifikasi awal ditemukan beberapa indikator penyebab diantaranya (1) minimnya metode pembelajaran dan buku-buku ajar geografi yang digunakan masih sangat terbatas (2) frekuensi guru untuk membangun komunikasi interaksi antara guru dan siswa sangat kurang (3) siswa memiliki kemampuan berdiskusi seperti mengemukakan pendapat dan menaggapi pendapat orang lain memecahkan masalah. Metode pemberian tugas diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar dan peningkatan hasil belajar IPS-Geografi (Kenampakan Alam). Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk (1) paparan peningkatan proses pembelajaran geografi melalui metode pemberian tugas individual dan tugas kelompok (2) peningkatan aktivitas siswa (3) peningkatan hasil belajar. Dalam penelitian ini digunakan desain penelitian tindakan kelas model spiral Kemmis Taggart 1988. Data yang berkaitan dengan peningkatan hasil belajar geografi dengan menggunakan metode pemberian tugas dilakukan analisis siklus-siklus. Data yang berkaitan dengan aktivitas siswa dalam menanggapi pendapat orang lain mengerjakan tugas kelompok tugas individua dan perolehan hasil belajar geografi (Kenampakan Alam) siswa dilakukan analisis statistik deskritif Rerata Mean (Mill Ferguson 2004). Tehnik pengumpulan data digunakan metode observasi wawancara angket test. Instrumen penelitian adalah peneliti dan pedoman atau pengumpul data. Hasil penelitian tindakan pembelajaran geografi (Kenampakan Alam) melalui penggunaan metode pemberian tugas yang dilakukan refleksi dan analisis statistik deskriptif ternyata memperoleh peningkatan. Pertama proses pembelajaran geografi (Kenampakan Alam) siswa SD Negeri Penanggungan melalui penggunaan metode pemberian tugas pada setiap siklus siswa aktif memperoleh peningkatan pembelajaran yang berkaitan dengan (a) waktu 3 x 40 pada setiap pembahasan (b) pemahaman siswa terhadap materi Kenampakan Alam. Kedua aktivitas belajar geografi (Kenampakan Alam) siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan 52% (siklus I) 64% (siklus II) 76% (siklus III). Ketiga aktifitas dalam melalui metode pemberian tugas pada setiap siklus mengalami peningkatan 64% (siklus I) 68% (siklus II) 80% (siklus III). Keempat. Unjuk kerja kelompok selama pembelajaran geografi (Kenampakan Alam) siswa mengalami peningkatan 54% (siklus I) 63 4% (siklus II) 76 6% (siklus III). Kelima. Perolehan hasil belajar Geografi (Kenampakan Alam) mengalami peningkatan 62% (siklus I) 67% (siklus II) 76% (siklus III). Temuan penelitian ini mendukung teori perkembangan yang dilakukan oleh Vygotsky tentang ZPD (dalam Moll 1994) bahwa potensi aktual anak dapat dikembangkan melalui peer collaboration. Dalam hal ini berkaitan dengan aktivitas siswa mengerjakan tugas/unjuk kerja dalam kelompok serta peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62201 |
Actions (login required)
View Item |