Dani, Umar (2014) Penerapan model pembelajaran jigsaw berbantuan media powerpoint untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Pantai Ulin Kabupaten Hulu Sungai Selatan / Umar Dani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Umar Dani 2014 Penerapan model pembelajaran Jigsaw berbantuan media PowerPoint untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Pantai Ulin Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso M. Pd dan (II) Drs. H. Rustam Effendi M. Pd. Ph. D. Kata Kunci Jigsaw powerpoint aktivitas hasil belajar Permasalahan aktual bagi guru adalah bagamana cara meningkatkan kualitas pembelajaran terutama hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil observasi di kelas V (lima) SDN Pantai Ulin Kecamatan Simpur menunjukkan bahwa (1) Siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran siswa tidak tertarik dengan pembelajaran PKn (2) hasil belajar menunjukkan bahwa siswa yang mencapai KKM hanya 33% yang tuntas atau sekitar 4 orang anak dari 12 siswa dengan rata-rata 50 75. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran jigsaw berbantuan media powerpoint untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan termasuk penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas Peneliti sebagai guru pengampu pelajaran PKn dan dibantu oleh 2 orang yaitu sebagai observer dan supervisor. Penelitian dilaksanakan di SDN Pantai Ulin Kecamatan Simpur Kabupaten HSS Provinsi Kalimantan Selatan dengan subyek penelitian kelas V (lima) semester genap tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 12 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Cara pengumpulan data menggunakan observasi hasil tes dan dukomen. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran Jigsaw berbantuan media powerpoint yaitu (1) Keterlaksanaan model pembelajaran oleh siswa pada siklus I mencapai 51 25% sedangkan siklus II mencapai 88 75% atau meningkat 37 5%. (2) Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan 66 67% dan siklus II memperoleh ketuntasan 83 33% atau meningkat 16 67% Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw berbantuan media powerpoint dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V dengan langkah-langkah tayangan materi dengan powerpoint Siswa dikelompokkan ke dalam 4 anggota tim tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan tayangan slide tentang topik lewat media powerpoint anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tim anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi guru memberi evaluasi dan penutup.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62197 |
Actions (login required)
View Item |