Pengembangan pembelajaran berbasis blended learning sebagai upaya untuk mempercepat hasil belajar tenis lapangan di STKIP PGRI Jombang / Wildan Amanda Lazuardi

Lazuardi, Wildan Amanda (2018) Pengembangan pembelajaran berbasis blended learning sebagai upaya untuk mempercepat hasil belajar tenis lapangan di STKIP PGRI Jombang / Wildan Amanda Lazuardi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lazuardi, Wildan Amanda 2018. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Sebagai Upaya Untuk Mempercepat Hasil Belajar Tenis Lapangan Di STKIP PGRI Jombang. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wasis D. Dwiyogo,M.Pd,. (II) Dr. Supriyadi, M.Kes. Kata Kunci: Blended leaning, hasil belajar, tenis lapangan STKIP PGRI Jombang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menciptakan calon pendidik yang berkualitas, salah satunya pada prodi penjaskes. Hasil observasi yang dilakukan pada pembelajaran ini ditemukan kesulitan mahasiswa dalam mempelajari materi mata kuliah ini, sehingga hasil pembelajaran tidak maksimal. Salah satu penyebabnya karena pembelajaran yang dilakukan hanya terbatas dilakukan secara konvensional, belum ada media pendukung lain. Selain itu ditemukan berbagai karakteristik gaya belajar yang dilakukan mahasiswa. Solusi yang sesuai dengan karakteristik pebelajar tersebut yaitu pembelajaran berbasis blended learning karena memiliki gaya belajar yang bervariasi dan lebih fleksibel. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi pebelajar dalam memahami bahan ajar yang selama ini digunakan serta dapat membantu efektifitas, efisiensi dan daya tarik pebelajar melalui pembelajaran mata kuliah tenis lapangan berbasis blended learning (tatap muka (50%), offline (25%), dan online (25%)), serta menguji tingkat efektifitasnya (efektifitas, efisiensi, dan daya tarik). Model pengembangan ini dikembangkan berdasarkan kajian teknologi pembelajaran rancangan pembelajaran berbasis blended learning. Hasil untuk uji kelayakan produk yang dilakukan terhadap 30 subjek yaitu diperoleh kriteria kemenarikan dengan persentase 86,9%, kriteria kemudahan diperoleh persentase 84,8%, kriteria kejelasan diperoleh persentase 88,8%, kriteria keefektifan diperoleh persentase 84,2%. Sedangkan pada uji efektifitas yang dilakukan selama tiga kali pertemuan dengan jumlah subjek sebanyak 25 mengalami perkembangan selama menggunakan model pembelajaran tenis lapangan berbasis blended learning yaitu mendapatkan nilai rata-rata 79,3%, sedangkan hasil uji efisiensi mendapatkan kecepatan rata-rata 330,3 detik pada tiga tes yang dilakukan. Kemudian untuk mengetahui tingkat kemenarikan atau daya tarik produk pengembangan dilakukan menggunakan angket dengan persentase kemenarikan sebesar 85,7%. Spesifikasi produk yang dikembangkan dalam pengembangan ini dengan gambaran sebagai berikut: (1) bahan ajar mata kuliah tenis lapangan berbasis blended learning, (2) materi yang akan disampaikan tentang sejarah, sarana dan prasarana, prinsip dasar bermain, teknik dasar tenis lapangan, peraturan, perwasitan, strategi dan taktik, serta latihan fisik dan mental, (3) pertemuan tatap muka menggunakan pendukung berupa buku panduan, kegiatan offline dikemas menggunakan software adobeflash, sedangkan online menggunakan jejaring sosial edmodo, (4) terdapat kuis pada setiap sub pokok bahasan yang dikemas menggunakan aplikasi quiz creator.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62196

Actions (login required)

View Item View Item