Studi tentang pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri Lumajang / Muhammad Iqbal Pambudi

Pambudi, Muhammad Iqbal (2019) Studi tentang pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri Lumajang / Muhammad Iqbal Pambudi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pambudi, Muhammad Iqbal. 2019. Studi Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri Lumajang. Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M. E. Winarno, M.Pd., (II) Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd. Kata Kunci: pelaksanaan, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan merupakan salah satu mata pelajaran penting dalam dunia pendidikan. Studi pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan sangat penting dilakukan untuk mengetahui kendala serta keterlaksanaan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di sekolah. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan disekolah yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk memperbaiki keadaan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di sekolah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Prosedur penelitian yaitu: (1) membuat panduan instrumen, (2) pengambilan data, (3) menganalisis data, (4) menyimpulkan hasil penelitian. Data diperoleh dari dokumentasi dan observasi. Subyek penelitian yaitu semua guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri 1 Lumajang, SMA Negeri 2 Lumajang, dan SMA Negeri 3 Lumajang. Hasil pada pelaksanaan pembelajaran waktu efektif yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran masih belum sesuai dengan standar diantaranya (1) kegiatan awal rerata 9 menit dengan persentase 43% yang berarti masuk dalam kategori kurang baik, (2) kegiatan inti rerata 44 menit dengan persentase 44% yang berarti masuk dalam kategori kurang baik, (3) kegiatan penutup rerata 5 menit dengan persentase 32% yang berarti masuk dalam kategori tidak baik, (4) waktu efektif yang digunakan 57 menit dengan persentase 43% yang berarti masuk dalam kategori kurang baik, dan (5) persentase keseluruhan pelaksanaan pembelajaran adalah 43% yang berarti masuk dalam kategori kurang baik. Rekomendasi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru harus mengikuti aturan standar yang telah ditentukan dalam proses pelaksanaan pembelajaran serta dapat memberikan model pembelajaran yang menarik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62192

Actions (login required)

View Item View Item