Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis IT kelas X semester gasal / Arif Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis IT kelas X semester gasal / Arif Wibowo

Wibowo, Arif (2019) Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis IT kelas X semester gasal / Arif Wibowo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Wibowo Arif. 2018. Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis IT Kelas X Semester Gasal. Tesis Jurusan Pendidikan Olahraga Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. M.E Winarno. M.Pd (2) Dr. Sapto Adi. M.Kes. Kata kunci pengembangan instrumen penilaian pengetahuan PJOK. Penelitin awal telah dilakukan dengan menganalisis instrumen penilaian pengetahuan di SMAN 5 Malang dan menunjukkan bahwa instrumen belum memenuhi kategori instrumen tes yang baik karena masih terdapat soal yang (1) tidak valid (2) reliabilitas kategori baik (3) tingkat kesukaran soal masih belum memenuhi standar yaitu 31 butir soal 62% soal masuk kategori sangat mudah 2 butir soal 4% soal kategori mudah 13 butir soal 26% soal masuk kategori sedang 1 butir soal 2% soal masuk kategori sukar 3 butir soal 6% soal masuk kategori sangat baik (4) daya pembeda banyak yang masuk kategori buruk bahkan ada yang sangat buruk dengan 16 butir soal 32% masuk kategori sangat buruk 14 butir soal 28% masuk kategori buruk 4 butir soal 6% masuk kategori baik dengan revisi 3 butir soal 6% masuk kategori baik 13 butir soal 26% masuk kategori sangat baik. Penelitian dilaksanakan di SMAN 5 Malang SMAN 8 Malang dan SMA Kristen Petra Malang termasuk penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut (1) pengembangan spesifikasi tes (2) penyusunan soal (3) uji ahli (4) perakitan soal (5) ujicoba (6) analisis butir soal (7) seleksi dan perakitan soal dan (8) pencetakan tes. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi ahli Materi PJOK diperoleh hasil sebagai berikut 100 soal (90%) dinyatakan valid ahli bahasa diperoleh hasil 100 soal (100%) valid ahli media diperoleh hasil persentase sebesar 86 00%. Dari hasil uji coba kelompok kecil besar diperoleh hasil sejumlah validitas sebanyak 100 soal (0 85) 97 soal kategori sangat signifikan dan 3 soal kategori signifikan artinya dinyatakan valid. Reliabilitas sebesar 0 92 dan masuk kategori tinggi. Tingkat kesukaran soal sebanyak 100 butir (52 43) dengan nilai butir soal rata-rata 52 43 soal masuk kategori tafsiran sedang artinya soal layak digunakan. Indek daya beda masuk kategori cukup sejumlah 70 butir soal (70%) dan kategori baik sejumlah 30 butir soal (30%). Dari analisis butir soal dapat disimpulkan sejumlah 100 butir soal dinyatakan layak digunakan. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa sejumlah 100 butir soal layak digunakan sebagai instrumen penilaian pengetahuan PJOK. Saran-saran peneliti dalam pengembangan penelitian ini menuju ke arah lebih lanjut sebagai berikut (1) subjek penelitian diharapkan lebih luas tidak hanya di SMAN 5 Kota Malang saja SMAN 8 Kota Malang dan SMA Kristen Petra Kota Malang tetapi di sekolah-sekolah lain yang memiliki sarana komputer yang memadai (2) Jenjang sekolah lebih luas tidak hanya di jenjang SMA kelas X saja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62190

Actions (login required)

View Item View Item