Pengembangan pembelajaran pencak silat berbasis blended learning untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan / Tesa Alex Suhendra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran pencak silat berbasis blended learning untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan / Tesa Alex Suhendra

Suhendra, Tesa Alex (2018) Pengembangan pembelajaran pencak silat berbasis blended learning untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan / Tesa Alex Suhendra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Suhendra Tesa Alex. 2018. Pengembangan Pembelajaran Pencak Silat Berbasis Blended Learning untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Tesis Jurusan Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wasis D. Dwiyogo M. Pd. (2) Dr. Siti Nurrochmah M. Kes. Kata kunci pengembangan pencak silat blended learning Pencak silat merupakan salah satu cabang olahraga yang berorientasi kepada olahraga bela diri dalam gerakannya memperhatikan berbagai komponen fisik baik itu kekuatan kelenturan keseimbangan. Dasar dari pencak silat yaitu unsur pukulan dan serangan unsur tahanan dan pertahanan unsur hindaran atau usaha penyelamatan sasaran. Pembelajaran merupakan hal yang paling penting dengan pembelajaran akan merubah pola pemikiran seseorang menjadi lebih baik. Seorang pendidik dituntut untuk dapat memberikan pembelajaran yang inovatif untuk menarik minat mahasiswa dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk ajar pembelajaran pencak silat dan mengetahui hasil belajar mahasiswa yang mencakup efektivitas efisiensi daya tarik dari penerapan model pembelajaran pencak silat berbasis blended learning. Model penelitian ini menggunakan model rancangan pembelajaran blended learning. Dwiyogo (2016 128) menjelaskan bahwa model rancangan pembelajaran blended learning menitikberatkan pada pengembangan rencana pembelajaran. Data dari penelitian dan pengembangan ini adalah hasil instrumen berdasarkan tanggapan validasi ahli hasil uji coba kelompok kecil hasil uji coba kelompok besar dan uji efetifitas efisiensi dan daya tarik. Didalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan dua teknik analisis data yang digunakan yaitu (1) teknik analisis kualitatif dan (2) teknik analisis deskriptif. Komponen pembelajaran yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu (1) tatap muka (2) pembelajaran offline yang dilakukan dalam peneltian ini menggunakan aplikasi autoplay studio 8 yang mencangkup berbagai materi pembelajaran dan (3) pemebelajaran online yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan media sosial yaitu google classroom. Uji efektivitas efisiensi dan daya tarik diperoleh hasil yaitu Pertemuan pertama menggunakan metode tatap muka dengan materi mengenal pecak silat pada bab I diperoleh nilai efektivitas (1) nilai 90 nilai huruf A (17 94%) (2) nilai 80 nilai huruf A- (33 33%) (3) nilai 70 nilai huruf B (35 89%) dan (4) nilai 60 nilai huruf C (12 82%) dan diperoleh rata-rata nilai huruf B (75 75%). Efisiensi diperoleh waktu terlama 01 06 04 dan waktu tercepat 01 08 04 dan waktu diperoleh 43 42 41 dan diperoleh rata-rata waktu 01 07 15. Daya tarik diperoleh (1) sangat menarik (66 66%) dan (2) menarik (33 33%). Pertemuan kedua menggunakan metode offline dengan materi teknik pukulan pada bab V diperoleh nilai efektivitas yaitu (1) nilai 90 nilai huruf A (64 10%) (2) nilai 80 nilai huruf A- (30 76%) dan (3) nilai 70 nilai huruf B (5 12%) dan diperoleh rata-rata nilai huruf A (85 92%). Efisiensi diperoleh waktu terlama 01 12 05 dan waktu tercepat 00 58 43 dan waktu diperoleh 41 41 11 dan diperoleh rata-rata waktu 01 04 08. vi Daya tarik diperoleh (1) sangat menarik (58 97%) dan (2) menarik (40 38%) dan (3) kurang menarik (0 64%). Pertemuan ketiga menggunakan metode online dengan materi teknik tendangan pada bab VI diperoleh nilai yaitu (1) nilai 90 nilai huruf A (87 17%) (2) nilai 80 nilai huruf A- (12 82%) dan diperoleh ratarata nilai huruf A (93 07%). Efisiensi diperoleh waktu terlama 01 11 14 dan waktu tercepat 00 57 23 dan waktu diperoleh 40 32 56 dan diperoleh rata-rata waktu 01 02 23. Daya tarik diperoleh (1) sangat menarik (60 25%) dan (2) menarik (39 74%). Keseluruhan dalam tiap pertemuan diperoleh efektifitas yaitu (1) nilai 86 6 nilai huruf A (48 71%) (2) nilai 83 3 nilai huruf A- (38 46%) dan nilai 76 6 nilai huruf B (12 82%) dan keseluruhan nilai diperoleh rata-rata nilai huruf A (85 21%). Efisiensi yaitu diperoleh waktu tercepat 03 03 48 dan waktu terlama 03 28 33 dan keseluruhan waktu diperoleh 125 56 48 dan diperoleh rata-rata waktu 03 13 46. Daya tarik yaitu (1) sangat menarik (61 82%) dan (2) menarik (37 89%) dan (3) kurang menarik (0 28%). Hasil dari uji coba produk penelitian yang diberikan terhadap 39 sampel hasil yang diperoleh yaitu (1) kriteria kemenarikan produk diperoleh persentase sebesar (92 30%) (2) kriteria kejelasan produk diperoleh persentase sebesar (90 06%) (3) kriteria kemudahan produk diperoleh persentase sebesar (91 98%) (4) kriteria keefektifan produk diperoleh persentase sebesar (91 45%). Berdasarkan dari 4 kriteria persentase tersebut diperoleh data Rata-rata hasil keseluruhan dari persentase yaitu sebesar (91 59%). Kriteria tersebut telah memenuhi kelayakan sehingga produk pengembangan matakuliah pencak silat berbasis blended learning dinyatakan dapat digunakan. Setelah hasil dari penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan oleh peneliti maka dapat disumpulkan bahwa produk pengembangan pemebelajaran matakuliah pencak silat berbasis blended learning ini dinyatakan layak untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62189

Actions (login required)

View Item View Item