Pengembangan instrumen tes keterampilan materi sepakbola pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri Kota Blitar / Akbar Rohmad Aulia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen tes keterampilan materi sepakbola pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri Kota Blitar / Akbar Rohmad Aulia

Aulia, Akbar Rohmad (2018) Pengembangan instrumen tes keterampilan materi sepakbola pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri Kota Blitar / Akbar Rohmad Aulia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Rohmad Aulia Akbar. 2018. Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Materi Sepakbola Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas IX SMA/SMK Negeri Kota Blitar. Tesis Jurusan Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Siti Nurrochmah M.Kes. (II) Dr. Sugiharto M.S Kata kunci pengembangan instrumen tes keterampilan PJOK Penelitian pendahuluan yang telah dilakukan yaitu dengan menganalisis instrumen tes keterampilan PJOK yang digunakan di SMA Negeri Koa Blitar dan menunjukkan bahwa pada semester satu materi bola besar yang diberikan adalah permainan sepakbola dengan dilengkapi rencana pelaksanaan pembelajaran hingga kisi-kisi instrumen evaluasi hasil dari musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) PJOK tetapi belum terdapat instrument tes keterampilan sehingga belum diketahui vaiditas reabilitas dan obyektifitas tes yang merupakan kriteria instrumen untuk evaluasi setiap materi dalam proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen Tes Keterampilan Materi Sepakbola Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas IX SMA/SMK Negeri Kota Blitar. Penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kota Blitar ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut 1) analisis kebutuhan 2) mengembangkan buutir tes 3) evaluasi ahli 4) revisi produk 5) uji coba lapangan 6) menentukan validitas internal dan eksternal yang bisa diterima 7) informasi reliabilitas 8) mengembangkan norma 9) menyusun tes manual. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi ahli evaluasi diperoleh hasil sebagai berikut semua soal (78%) dinyatakan valid ahli materi sepakbola diperoleh hasil semua soal (90%) valid ahli PJOK diperoleh hasil persentase sebesar (85%). Dari hasil uji coba lapangan tes ketrampiln dribble sepakbola didapatkan hasil validitas 0.618 peserta laki-laki dan untuk peserta perempuan 0 697 untuk tes ketrampilan passing 0.627 peserta laki-laki dan untuk peserta perempuan 0.631 reliabilitas tes 0 653 peserta laki-laki dan untuk peserta perempuan 0 737 untuk tes ketrampilan passing 0 671 peserta laki-laki dan untuk peserta perempuan 0 653 obyektifitas tes 0.977 peserta laki-laki dan untuk peserta perempuan 0.944 untuk tes ketrampilan passing 0.750 peserta laki-laki dan untuk peserta perempuan 0.701. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa instrument tes keterampilan sepakbola layak digunakan sebagai instrumen penilaian keterampilan mata pelajaran PJOK. Saran-saran peneliti dalam pengembangan penelitian ini menuju ke arah lebih lanjut sebagai berikut (1) Subjek penelitian diharapkan lebih luas tidak hanya di SMAN 1 SMAN 2 SMAN 3 SMAN 4 Kota Blitar kelas XI saja tetapi di sekolah-sekolah lain sesuai dengan karakteristik subjek dan sarana prasarana yang ada. (2) Jenjang sekolah lebih luas tidak hanya di jenjang SMA kelas XI saja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62188

Actions (login required)

View Item View Item