Studi tingkat kebugaran jasmani ditinjau dari implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum tingkat satuan pendidikan siswa sekolah dasar di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Pasuruan / Achmad Furqon Bildhonny - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tingkat kebugaran jasmani ditinjau dari implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum tingkat satuan pendidikan siswa sekolah dasar di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Pasuruan / Achmad Furqon Bildhonny

Bildhonny, Achmad Furqon (2018) Studi tingkat kebugaran jasmani ditinjau dari implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum tingkat satuan pendidikan siswa sekolah dasar di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Pasuruan / Achmad Furqon Bildhonny. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Achmad Furqon. 2018. Studi Tingkat Kebugaran Jasmani Ditinjau Dari Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Pasuruan. Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Saichudin M.Kes. (2) Dr. Sugiharto M.S. Kata kunci Kurikulum 2013 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kebugaran jasmani Sekolah dasar Peningkatan kebugaran jasmani terhadap pendidikan jasmani sangat ditentukan oleh sebuah kurikulum yang baik. Kurikulum merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kebugaran jasmani siswa sekolah dasar yang menggunakan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah komparatif. Pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas V SD Negeri yang menggunakan K13 dan KTSP. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi dimana sampel yang digunakan seluruh siswa kelas V yang berjumlah 85 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk anak usia 10-12 tahun yang meliputi lima item tes antara lain lari 40 m gantung siku tekuk baring duduk 30 detik loncat tegak dan lari 600 m. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data keseluruhan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) siswa kelas V SD Negeri yang menggunakan K13 dan KTSP berada pada kategori kurang hal ini yang menjadikan kebugaran siswa rendah dan menurun seperti rentan terhadap penyakit yang membuat siswa konsentrasi belajarnya kuran dan mengganggu di aktifitas belajar mengajar siswa tersebut. Berdasarkan aktifitas kegiatan siswa sehari-hari baik yang menggunakan K13 dan KTSP siswa cenderung melakukan kegiatan yang kurang bergerak seperti menonton tv mainan gadget dll. Sehingga kegiatan sehari-hari siswa juga berpengaruh terhadap kebugaran jasmani siswa maka dari itu pemerintah melakukan perubahan kurikulum khususnya kurikulum yang bertujuan untuk membuat kebugaran jasmani siswa lebih baik hal ini sama tujuannya undang-undang sistem keolahragaan nasional yang mengedepankan supaya pendidikan olahraga di sekolah mempunya kebugaran jasmani yang baik. Sosialisasi kurikulum juga sudah dilakukan dengan baik ke berbagai daerah dan kepada guru-guru sekolah tetapi mungkin penerapannya yang masih kurang yang mengakibatkan kebugaran jasmani siswa sekolah dasar menurun dan pada kategori kurang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di sekolah dasar yang menggunakan K13 dan KTSP guru harus memahami inti dan tujuan dari kurikulum yang bertujuan salah satunya supaya siswa memiliki kebugaran jasmani yang baik. sehingga siswa terhindar dari berbagai penyakit dan tidak mengganggu proses belajar mengajar dan aktifitas siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62187

Actions (login required)

View Item View Item