Pengembangan pembelajaran berbasis blended learning mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan cabang olahraga renang di Wesley International School Malang / Rahmitha Salsabilla - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran berbasis blended learning mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan cabang olahraga renang di Wesley International School Malang / Rahmitha Salsabilla

Salsabilla, Rahmitha (2018) Pengembangan pembelajaran berbasis blended learning mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan cabang olahraga renang di Wesley International School Malang / Rahmitha Salsabilla. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Salsabilla Rahmitha. 2018. PengembanganPembelajaran Blended Learning Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan KesehatanCabangOlahragaRenang di Wesley International School Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Olahraga Program PascasarjanaUniversitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Saichudin M.Kes. (2) Dr. Wasis D. Dwiyogo M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Renang Blended Learning Wesley International School. Renangmerupakanolahraga yang terbaikuntukmenjagakesehatan dan pembentukantubuh. Dikatakandemikiankarena pada saatberenanghampirsemuaotottubuhbergerak sehinggaotot-ototdapatberkembangdenganpesat dan kekuatannyameningkat. Salah satusekolah yang menyelenggarakanmatapelajaranrenangadalah Wesley International School yang mengacu pada kurikulum negara asal yaitu Amerika Serikat. Tujuandaripenelitian dan pengembanganiniadalahuntukmenghasilkanprodukpembelajaranrenangberbasisblended learning yaitupembelajarandengancarapengalihanmateri yang tepat kepada orang yang tepat diwaktu yang tepat mencocokkandenganteknologi yang tepat dengangayabelajar yang tepat yang dimaksudkanuntukmencapaipembelajaran yang tepat. Permasalahan yang terjadiadalahsiswaseringkalilupadalampelaksanaanpembelajaranpendidikanjasmanicabangolahragarenang dikarenakanpembelajaraninihanyadilaksanakandengancaratatapmukadalamsatu semester setiap semester genap selainitu yang seringterjadiadalahsiswa yang secararutin dan bergantianmenguruspepanjanganpasporatauizintinggal yang bisamemakanwaktuduamingu sehinggasecaraotomatisakankehilanganwaktupembelajaanrenang. Alasan lain dibuatnyapembelajaraniniadalahkarenarenangmemilikigerakan yang kompleks dan membutuhkankoordinasitinggi sehinggaperluadanyabody contact ataupembenarangerakangayaberenangdengansentuhan badan sedangkanpeaturansekolahtidakmemperbolehkanhaltersebutdenganalasanabuse ataupenyalahgunaantindakanbody contact antara guru dan siswa. Model penelitianinidikembangkanmenggunakan model penelitianblended learning yaitupenggabungan/campuran/kombinasidaripembelajaranface to face (tatapmuka) dan pembelajaranberbasiskomputer (online dan offline). Model rancanganpembelajaranblended learning Dwiyogo (2016) yang mengacu pada pengembanganrencanapembelajaran. Data daripenelitian dan pengembanganmerupakanhasilinstrumenberdasarkantanggapanvalidasiahli hasil uji cobakelompokkecil hasil uji cobakelompokbesar. Teknik analisis data yang digunakanialahteknikanalisiskualitatifdigunakanuntukmenganalisis data berupamasukan dan saran dari para ahli. Teknik analisiskuantitatifdigunakanuntukmenganalisis data yang diperolehdarihasil uji validasiahlisertapenyebaranangket uji cobakelompokkecil dan uji cobakelompokbesar. Hasil darijustifikasiahli (ahlibahasa ahlirenang dan ahli media) menyatakansangat valid denganpresentaseahlirenang 98.04% dan ahli media 97.19%. Langkahselanjutnyayaitu uji coba (kelompokkecil dan kelompokbesar) denganpresetase uji cobakelompokkecil 90.60% dan uji cobakelompokbesar 92.59%. setelah uji lapangandinyatakan valid dilanjutkandengan uji efektifitasdenganhasil 90.2% uji efisiensidenganhasil rata-rata 2-5 detikpenurunancatatanwaktu yang berartipeningkatanhasilbelajar dan uji dayatarikdenganhasil 88.71%. Kesimpulan daripenelitianiniadalahkeseluruhanprodukpengembanganpembelajaran blended learning matapelajaranpendidikanjasmani dan kesehatancabangolahragarenangdinyatakansangat valid dan layakuntukdigunakan di Wesley International School Malang. 8195

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62186

Actions (login required)

View Item View Item