Pengembangan permainan olahraga anak dalam bentuk multimedia interaktif untuk siswa sekolah dasar / I Kadek Dwi Diyan Devayana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan olahraga anak dalam bentuk multimedia interaktif untuk siswa sekolah dasar / I Kadek Dwi Diyan Devayana

Devayana, I Kadek Dwi Diyan (2018) Pengembangan permainan olahraga anak dalam bentuk multimedia interaktif untuk siswa sekolah dasar / I Kadek Dwi Diyan Devayana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Devayana Kadek Dwi Diyan. 2018. Pengembangan Permainan Olahraga Anak Dalam Bentuk Multimedia Interaktif Untuk Siswa Sekolah Dasar. Tesis Jurusan Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wasis D. Dwiyogo M.Pd (II) Dr. Eko Hariyanto M.Pd. Kata kunci pengembangan permainan olahraga anak multimedia interaktif. Pengembangan permainan olahraga anak dalam bentuk multimedia interaktif merupakan bentuk produk berupa permainan yang diberikan kepada guru ke siswa untuk menjadi salah satu referensi dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Permainan olahraga anak merupakan aktivitas jasmani yang selalu ditekankan guru untuk memberikan kesempurnaan gerak dasar motorik yang berupa berlari melompat meloncat melempar dan berjalan. Dalam pengembangan produk ini guru diharapkan mampu mengoprasikan komputer maupun leptop harapannya didalam pembelajaran siswa lebih tertarik antusias mengikuti pelajaran serta memiliki daya tarik dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Tujuan pengembanganproduk ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan model permainan olahraga anak dalam bentuk multimedia interaktif sebagai sarana untuk mengoptimalkan dan mempraktikkan pembelajaran kebugaran jasmani siswa sekolah dasar. Model yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini yaitu pendekatan research Development (R D) Lee Owen (2004). Menggunakan subjek 69 siswa diambil dari 3 sekolah antara lain Sekolah Dasar Negeri 2 Kepanjen Sekolah Dasar Negeri 1 Ngajum dan Sekolah Dasar Negeri5 Kebobang. Uji Kelompok Kecil 15 siswa dan Uji Kelompok Besar 30 siswa. Diambil dari 3 sekolah dan menggunakan sampling random (acak). Hasil dari penelitian dan pengembangan adalah permainan olahraga anak dalam bentuk multimedia interaktif menggunakan software autoplay. Di dalamnya berisi 4 butir yang terdiri dari 1) video permainan olahraga anak yang terdiri dari 9 model permainan olahraga anak diantaranya 1) permainan trow jump 2) kodok lompat 3) kijang loncat 4) melewati gelang raja 5) ular tangga gelang raja 6) assalammulaikum/omswastiyastu 7) anjing kucing 8) berburu gelang raja dan 9) gelang raja berputar 2) sarana prasarana peralatan permainan olahraga anak (atletik kids) terdiri dari 1) bola multiguna 2) gawang aman 3) petak lompat 4) clapper 5) billah 6) kun dan 7) gelang raja 3) quiz creator dan 4) profil peneliti. Data hasil validasi ahli media pembelajaran diperoleh persentase data sebesar 91 25%. Selanjutnya hasil ahli pendidikan jasmani mendapatkan persentase sebesar 90%. Berdasarkan hasil validitas ahli produk yang dikembangkan dinyatakan valid dan dilanjutkan ke tahap uji kelompok. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh hasil rata-rata sebesar 97 4181%. Hasil uji coba kelompok besar memperoleh hasil rata-rata sebesar 95 1781%. Berdasarkan hasil uji coba kelompok produk yang dikembangkan dinyatakan valid serta dapat dipraktikkan ke siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62183

Actions (login required)

View Item View Item