Setyawan, Dodik Andi Wicaksono (2018) Evaluasi kelas olahraga menggunakan model CIPP / Dodik Andi Wicaksono Setyawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Setyawan Dodik A.W. 2018. Evaluasi Kelas Olahraga Menggunakan Model CIPP. Tesis Program Studi Pendidikan Olahraga Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. M.E. Winarno M.Pd. (2) Dr. Imam Hariadi M.Kes. Kata Kunci CIPP evaluasi kelas olahraga. Kelas olahraga bertujuan untuk membina dan mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang olahraga. Sekolah yang telah menyelenggarakan program kelas olahraga harus mempunyai kegiatan yang sedemikian kompleks mulai dari proses perencanaan yang meliputi pembentukan panitia kelas olahraga seleksi calon siswa kelas olahraga menentukan kurikulum menentukan tenaga pendidik dan pelatih yang berkualitas serta sarana dan prasarana yang layak dan memadai sehingga sangat memerlukan pengelolaan yang baik agar tujuan diselenggarakannya program kelas olahraga dapat dicapai secara efektif dan efisien. Hasil penelitian pendahuluan melalui observasi yang dilakukan peneliti pada tiga sekolah SMPN yang terdapat di Blitar didapatkan informasi dan permasalahan sebagai berikut 1) 1 tahun sekali selalu membuat dan merencanakan kelas olahraga 2) sepakbola bola voli bola basket atletik pencak silat karate bulutangkis taekwondo cabang olahraga yang sudah direncanakan 3) seleksi yang dilakukan sebelum masuk kelas olahraga yaitu dengan raport portofolio tes TKJI tes keterampilan cabang olahraga dan tes VO2Max 4) kurikulum atau pembelajaran yang digunakan pada tiap sekolah adalah sama dengan sekolah pada umumnya yaitu kurikulum 2013 revisi 5) proses latihan dilakukan pada sore hari dan dilaksanakan setiap 3 kali seminggu 6) dalam sekali latihan waktu yang di butuhkan adalah 3 jam 7) sarana dan prasarana sudah memenuhi standar yang ada dan layak untuk digunakan. Dengan ditemukannya permasalahan tersebut maka peneliti berasumsi bahwa diperlukannya suatu penelitian evaluasi yang dapat membandingkan temuan yang terdapat pada pelaksanaan kelas olahraga dengan standar yang berlaku. Salah satu model evaluasi yang bisa mengetahui apakah pelaksanaan kelas olahraga yang dilakukan sudah sesuai standar yang berlaku ataukah belum salah satu modelnya adalah model CIPP. Model evaluasi CIPP pada SMPN 2 Wlinggi SMPN 4 Kota Blitar dan SMPN 3 Srengat untuk model kelas olahraga beum pernah dilakukan maka perlu dilakukan penelitian evaluasi menggunakan model CIPP. Sesuai dengan tujuan penelitian ini maka instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini meliputi 1) angket wawancara dokumentasi dan analisis untuk mengumpulkan data sesuai dengan tujuan penelitian pertama (Context) 2) angket wawancara dokumentasi dan analisis untuk mengumpulkan data sesuai dengan tujuan penelitian kedua (Input) 3) angket wawancara dokumentasi dan analisis untuk mengumpulkan data sesuai dengan tujuan penelitian ketiga (Process) 4) angket wawancara dokumentasi dan analisis untuk mengumpulkan data sesuai dengan tujuan penelitian keempat (Product). ii Kesimpulan yang dapat diambil oleh penulis pada evaluasi kelas olahraga dengan menggunakan model Context Input Process Product. (CIPP) di SMP Negeri Blitar berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan sebagai berikut 1) conteks pada penelitian evaluasi model kelas olahraga cukup baik dibuktikan dengan sering merencanakan model kelas olahraga secara terencana terstruktur dan sesuai dengan prosedur perencanaan 2) input pada penelitian evaluasi model kelas olahraga cukup baik dibuktikan dengan sering melakukan seleksi penerimaan tes pengukuran pendanaan sarana dan prasarana serta sumber daya manusia secara terstruktur terencana dan sesuai dengan prosedur 3) process pada penelitian evaluasi model kelas olahraga cukup baik dibuktikan dengan proses tes pengukuran penerapan kurikulum dan proses latihan secara terstruktur terencana serta sesuai dengan prosedur 4) product pada penelitian evaluasi model kelas olahraga cukup baik dibuktikan dengan banyak lulusan siswa kelas olahraga yang masuk di sekolah olahraga dan PPLP 5) kelas olahraga di SMP Negeri Blitar pada penelitian evaluasi kelas olahraga ini cukup baik dibuktikan dengan semua perencanaan masukan proses dan lulusan yang telah dilakukan semua sesuai prosedur dan terencana dengan cukup baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62181 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |