Pengembangan dan keefektifan bahan ajar berbasis multimedia interaktif materi permainan bola besar untuk kelas XI SMA / Farizal Fetrianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan dan keefektifan bahan ajar berbasis multimedia interaktif materi permainan bola besar untuk kelas XI SMA / Farizal Fetrianto

Fetrianto, Farizal (2018) Pengembangan dan keefektifan bahan ajar berbasis multimedia interaktif materi permainan bola besar untuk kelas XI SMA / Farizal Fetrianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Fetrianto Farizal. 2018. Pengembangan dan Keefektifan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Materi Permainan Bola Besar untuk Kelas XI SMA. Tesis Pendidikan Olahraga Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyadi M.Kes (II) Dr. Sapto Adi M.Kes. Kata Kunci Bahan Ajar Multimedia Interaktif Permainan Bola Besar Materi permainan bola besar merupakan salah satu materi yang diajarkan pada kelas XI. Materi permainan bola besar meliputi sepak bola bolabasket dan bolavoli. Guru kelas XI diharuskan memilih salah satu materi untuk diajarkan. Berdasarkan hasil wawancara dan kajian RPP guru disimpulkan bahwa guru mengalami kesulitaan mengajar pada materi bolabasket dan bolavoli dan RPP guru hanya menggunakan dua variasi latihan. Hasil tes kognitif yang dilakukan kepada 126 pebelajar menunjukan bahwa nilai bolavoli dan bolabasket di bawah kriteria ketuntasan pengetahuan (KKP) dan nilai sepak bola di atas nilai KKP. Oleh sebab itu diperlukan suatu alternatif pemecahan salah satunya dengan menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar materi bolabasket dan bolavoli yang dikemas dalam bentuk multimedia interaktif. Multimedia interaktif yang dikembangkan dapat digunakan oleh pebelajar kelas XI sebagai inovasi belajar. Penggunaan multimedia interaktif ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan kognitif pebelajar agar memenuhi KKP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada desain Lee dan Owens dengan langkah sebagai berikut (1) analisis (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi dan (5) evaluasi. Teknik analisis data pada proses penelitian pengembangan ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan tambahan uji efektifitas menggunakan model One Group Pre-Test Post-Test Design untuk mengetahui tingkat keberhasilan produk yang dikembangkan. Hasil pengembangan dalam penelitian ini berupa multimedia interaktif yang dikemas pada software adope flash terdapat berbagai gabungan dari media berbeda yaitu dengan menggunakan komputer atau laptop sudah termasuk didalamnya penggunaan tulisan (text) suara (audio) gambar animasi musik dan video yang berisi materi Bolabasket dan Bolavoli. Masing-masing materi meliputi teknik dasar variasi latihan sejarah sarana prasarana serta kuis untuk menilai hasil belajar kognitif pebelajar. Produk yang dikembangkan telah divalidasi oleh empat validator yaitu ahli pembelajaran PJOK media materi bolabasket dan materi bolavoli dengan hasil validasi secara berturut-turut sebesar 91 39% 96 83% 96 81% dan 96 65%. Kemudian tahap selanjutnya adalah uji kelompok kecil dengan menggunakan 6 pebelajar dan uji coba kelompok besar menggunakan 126 pebelajar menghasilkan rata-rata produk sebesar 83 33% dan 80 67%. Secara keseluruhan hasil uji coba kelompok dinyatakan sangat valid. Setelah dilakukan uji coba kelompok tahap selanjutnya adalah uji efektifitas menggunakan gain score ternormalisasi. Dari 126 pebelajar yang memperoleh gain score tinggi sedang dan rendah secara berturut-turut sebesar 40 pebelajar (31 74%) 85 pebelajar (67 46%) dan 1 pebelajar (0 79%). Secara keseluruhan didapatkan hasil sebesar 0 63 dan masuk kategori sedang. ii Berdasarkan hasil validasi ahli uji coba kelompok dan uji efektifitas dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan bahan ajar bentuk multimedia interaktif materi permainan bola besar untuk pebelajar kelas XI SMA dinyatakan layak untuk digunakan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pebelajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62180

Actions (login required)

View Item View Item