Anggara, Hafied Adi (2018) Pengembangan bahan ajar guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan kelas II SD tema Kerukunan melalui multimedia interaktif / Hafied Adi Anggara. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Anngara H.A. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas II SD Tema Kerukunan melalui Multimedia Interaktif. Tesis. Pendidikan Olahraga Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Saichudin M.Kes. (II) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo M.Pd. Kata Kunci bahan ajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pembelajaran Tematik multimedia interaktif. Strategi pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar dalam Kurikulum 2013 adalah penerapan pendekatan tematik terpadu (Integratif Thematic). Idealnya suatu proses pembelajaran harus direncanakan dilaksanakan dan dievaluasi. Begitupun mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang merupakan mata pelajaran wajib di jenjang SD. Pengembangan bahan ajar yang menggunakan teknologi komputer akan memberikan nilai lebih pada suatu produk. Multimedia interaktif adalah teknologi komputer yang sering digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas II SD Tema Kerukunan melalui Multimedia Interaktif yang berisi bahan ajar guru dalam merencanakan melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Bahan ajar yang dikembangkan berbentuk soft file autoplay dalam kemasan DVD pembelajaran dan buku lampiran produk. Penelitian ini menggunakan langkah-langkah model pengembangan multimedia oleh Lee Owen yang menggunakan 5 langkah 1) analisis 2) desain 3) pengembangan 4) implementasi dan 5) evaluasi. Teknik analisa data penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini berupan produk Bahan Ajar Guru Pendidikan jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas II SD Tema Kerukunan melalui Multimedia Interaktif. Dari analisis para ahli diperoleh 88 85% analisis ujicoba kelompok kecil diperoleh 98 84% analisis ujicoba kelompok besar diperoleh 99 54% berdasarkan persentase yang diperoleh multimedia interaktif yang dikembangkan masuk dalam kriteria sangat tuntas dan dapat digunakan tanpa perbaikan. Hasil analisis uji efektivitas dan efesiensi dilakukan dengan analisis perolehan nilai dan waktu yang dibutuhkan guru dalam mengerjakan soal antara pembelajaran metode ceramah dan metode penggunaan multimedia secara mandiri. Terbukti terjadi peningkatan rata-rata nilai dari 52 88 menjadi 82 99 dan rata-rata waktu mengerjakan soal 12 83 menit menjadi 5 62 menit. Hasil uji kemenarikan produk diperoleh hasil 100 % valid dan masuk dalam kriteria sangat tuntas dan dapat digunakan tanpa perbaikan. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Bahan Ajar Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas II SD Tema Kerukunan melalui Multimedia Interaktif efektif digunakan. Sebagai tindak lanjut diharapkan menjadi rujukan dalam mengembangkan bahan ajar pada jenjang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62179 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |