Pengembangan pola penyerangan dan bertahan permainan sepakbola menggunakan smartphone berbasis android / Zico Aji Dewantara

Dewantara, Zico Aji (2018) Pengembangan pola penyerangan dan bertahan permainan sepakbola menggunakan smartphone berbasis android / Zico Aji Dewantara. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewantara, Zico Aji. 2018. Pengembangan Pola Penyerangan dan Bertahan Permainan Sepakbola Menggunakan Smartphone Berbasis Android. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eko Hariyanto M.Pd., (II) Dr. Saichudin, M.Kes. Kata kunci: pola, penyerangan dan bertahan, sepakbola, smartphone Observasi awal yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa: (1) sebanyak 22 siswa (73,33% ) kurang memahami materi pada saat pelaksanaan latihan, (2) sebanyak 25 siswa (83,33%) belum mendapatkan materi pola bertahan dan menyerang secara lengkap dan variatif, dan (3) sebanyak 30 siswa (100%) setuju untuk diberikan pola latihan penyerang dan bertahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pola latihan penyerangan dan bertahan bagi siswa sepakbola SSB Macan Putih Kediri menggunakan smartphone berbasis android. Penelitian yang dilaksanakan di SSB Macan Putih Kediri ini termasuk penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan di dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan Lee dan Owens (2004:3). Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi ahli kepelatihan sepakbola menunjukkan persentase sebesar 91,07% dan hasil validasi ahli media menunjukkan persentase sebesar 93,33%. Dengan hasil validasi tersebut maka produk layak untuk diujicobakan. Selanjutnya untuk uji coba produk, persentase ujicoba kelompok kecil sebesar 88,48% dan persentase ujicoba kelompok besar sebesar 90,78%. Berdasarkan hasil ujicoba kelompok kecil dan kelompok besar maka dapat disimpulkan bahwa produk dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media latihan sepakbola. Produk akhir dari penelitian ini berupa 8 pola menyerang dan 6 pola bertahan dalam permainan sepakbola, yaitu: (a) attacking play, (b) combination play, (c) switch play, (d) creating space, (e) wing play, (f) counter attack, (g) set pieces, (h) setting up shots on goal, dan 6 pola untuk bertahan yaitu: (a) quick regrouping, (b) pressing, (c) man to man marking, (d) competing for the second ball, (e) communication, (f) support play. yang dikemas dalam bentuk smartphone berbasis android. Saran-saran peneliti dalam pengembangan penelitian ini menuju ke arah lebih lanjut, sebagai berikut: (1) sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas produk yang dikembangkan ini, karena hasil pengembangan ini masih terbatas sampai tersusunnya sebuah produk saja, (2) untuk subjek penelitian diharapkan lebih luas, tidak hanya di SSB Macan Putih saja, tetapi di SSB-SSB lain yang mempunyai karakteristik sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62178

Actions (login required)

View Item View Item