Evaluasi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di sekolah dasar Kota Blitar / M. Nur Ridwan Fauzen

Fauzen, M. Nur Ridwan (2018) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di sekolah dasar Kota Blitar / M. Nur Ridwan Fauzen. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fauzen, M Nur Ridwan. 2018. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar Kota Blitar. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. M.E Winarno M.Pd., (II) Dr. Imam Hariadi, M.Kes. Kata kunci: evaluasi, pembelajaran, PJOK, CIPP Pembelajaran yang terstruktur dan sistematis merupakan pembelajaran yang ideal. Akan tetapi, belum lengkapnya perangkat pembelajaran seperti ketersediaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat mengganggu proses pembelajaran. Ditambah lagi dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang kurang memadai baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Dengan hal tersebut, guru kesulitan untuk menerapkan proses pembelajaran yang baik. Siswa juga tidak dapat memahami materi dengan baik dan terkesan belajar tanpa tujuan yang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar Kota Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini termasuk penelitian survei dengan dengan jenis penelitian evaluasi. Model evaluasi yang digunakan yaitu model evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP). Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk ketercapaian hasil evaluasi context pada pelaksanaan pembelajaran PJOK memperoleh persentase sebesar 74,16%. Kemudian ketercapaian hasil evaluasi input memperoleh persentase sebesar 73,55%. Ketercapaian hasil evaluasi process memperoleh persentase sebesar 86,52%. Sementara itu untuk ketercapaian hasil evaluasi product memperoleh persentase sebesar 71,87%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa (1) evaluasi context memperoleh predikat hasil evaluasi ÔÇ£baikÔÇØ, (2) evaluasi input memperoleh predikat hasil evaluasi ÔÇ£baikÔÇØ, (3) evaluasi process memperoleh predikat hasil evaluasi ÔÇ£amat baikÔÇØ, (4) evaluasi product memperoleh predikat hasil evaluasi ÔÇ£baikÔÇØ. Rekomendasi yang perlu diperhatikan yaitu untuk evaluasi context pentingnya pengembangan diri untuk menambah wawasan bagi guru PJOK dalam menentukan tujuan pembelajaran, perlu pengawasan adminstrasi dan pengadaan sarana dan prasarana untuk evaluasi input, perlu penegasan terhadap guru dalam hal pelaksanaan pembelajaran dan kreatifitas guru ditingkatkan untuk evaluasi process, dan peningkatan penyediaan sumber belajar bagi guru serta perlu diadakan diklat peningkatan proses pembelajaran untuk evaluasi product.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62177

Actions (login required)

View Item View Item