Pengembangan Pembelajaran Senam Berbasis Blended Learning dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PJK Universitas Negeri Malang / Awal Akbar Jamaluddin

Jamaluddin, Awal Akbar (2018) Pengembangan Pembelajaran Senam Berbasis Blended Learning dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PJK Universitas Negeri Malang / Awal Akbar Jamaluddin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Awal Akbar Jamaluddin. 2018. Pengembangan Pembelajaran Senam Berbasis Blended Learning dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PJK Universitas Negeri Malang. Tesis. Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wasis D. Dwiyogo, M. Pd., (2) Dr. Eko Hariyanto, M. Pd. Kata kunci. pengembangan, pembelajaran, senam, blended learning, hasil belajar Pembelajaran senam yang ada di FIK UM cenderung fokus pada aspek psikomotorik, hal tersebut karena keterbatasan waktu pembelajaran sehingga pada aspek kognitif masih belum terpenuhi secara optimal. Model pembelajaran berbasis blended learning mampu mencakup keseluruhan aspek pembelajaran sehingga perlu diterapkan untuk memenuhi seluruh aspek baik kognitif, afektif maupun psikomotorik. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk sebagai bahan ajar pembelajaran senam berbasis blended learning baik tatap muka, offline, dan online. Selanjutnya mengetahui efektifitas, efisiensi, daya tarik (hasil belajar) peserta didik dari penerapan model pembelajaran senam berbasis blended learning. Penelitian dan Pengembangan ini mengadopsi model rancangan pembelajaran berbasis blended learning (Dwiyogo, 2016:237). Prosedur model rancangan pembelajaran berbasis blended learning terdiri atas tiga tahap yaitu: (1) tahap analisis, (2) tahap rancangan pembelajaran, (3) tahap evaluasi. Ada sembilan langkah, pada tahap analisis yaitu: (1) analisis kebutuhan pemecahan masalah, (2) identifikasi sumber belajar dan kendala, (3) identifikasi karakteristik pebelajar. Tahap rancangan yaitu: (4) menetapkan tujuan pembelajaran, (5) memilih dan menetapkan strategi pembelajaran (mengorganisasi isi, penyampaian, serta pengelolaan), (6) mengembangkan bahan ajar (tatap muka, offline, online maupun mobile). Kemudian tahap evaluasi yaitu: (7) uji coba, (8) revisi, (9) prototipe rancangan pembelajaran senam berbasis blended learning. Penelitian ini menghasilkan tiga produk bahan ajar yaitu (1) modul/buku pembelajaran senam untuk tatap muka, (2) multimedia interaktif untuk metode offline, dan (3) edmodo untuk metode online. Penerapan model pembelajaran senam berbasis blended learning mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik yang mencakup efektifitas, efisiensi, serta daya tarik. Pada komponen efektifitas serta efisiensi diperoleh hasil untuk materi I rata-rata nilai sebesar 73,33% dengan waktu pengerjaan 514,50 detik, untuk materi II diperoleh nilai 80,33 dengan waktu 493,90 detik, untuk materi III diperoleh nilai 80.66% dengan waktu 488.80 detik, untuk materi IV diperoleh nilai 82,33 dengan waktu 475,40 detik, materi V diperoleh nilai 88.33% dengan waktu 472.60 detik, untuk VI materi diperoleh rata-rata nilai 90.66 dengan waktu 451,80 detik. Untuk komponen daya tarik diperoleh persentase kemenarikan produk pembelajaran senam berbasis blended learning sebesar 90,18% dengan kriteria sangat valid.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62176

Actions (login required)

View Item View Item