Evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK menggunakan model countenance pada SMA Negeri se-kabupaten Banyuwangi / Robby Kurniawan

Kurniawan, Robby (2018) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK menggunakan model countenance pada SMA Negeri se-kabupaten Banyuwangi / Robby Kurniawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kurniawan, Robby. 2018. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Menggunakan Model Countenance pada SMA Negeri se-Kabupaten Banyuwangi. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. E. Winarno, M.Pd., Pembimbing (II) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo, M.Pd. Kata Kunci: evaluasi pelaksanaan, countenance, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) merupakan salah satu pelajaran wajib yang memiliki peranan penting dalam membentuk kualitas peserta didik meliputi aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Maka dari itu pelaksanaan pembelajaran PJOK perlu diperhatikan dan selalu ditingkatkan. Berdasarkan studi pendahuluan pelaksanaan pembelajaran PJOK pada SMA Negeri se-Kabupaten Banyuwangi masih terdapat berbagai aspek yang belum memenuhi standar, meliputi; (1) terdapat guru yang berkualifikasi pendidikan terakhir SGO, (2) pelaksanaan pembelajaran yang menggabungkan 2 sampai 3 kelas dalam 1 rombongan belajar, (3) terdapat guru yang tidak merencanakan pembelajaran yang disesuakan dengan karakteristik peserta didik. Maka peneliti berasumsi penting dilakukan evaluasi untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran yang diberikan selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dengan menggunakan model evaluasi countenance yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: tahap konteks awal (antecendent), tahap proses (transaction) dam tahap hasil (outcomes). Penelitian ini berupa penelitian evaluatif dengan menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan model countenance. Subyek penelitian yaitu guru dan peserta didik pada 8 SMA Negeri se-Kabupaten Banyuwangi yang menjadi sampel dari total populasi 17 SMA. Hasil analisis data pelaksanaan pembelajaran PJOK pada SMA Negeri se-Kabupaten Banyuwangi mendapatkan skor hasil sebesar 30176 dengan persentase 73% termasuk dalam kategori ÔÇ£BaikÔÇØ, namun belum pada kategori ÔÇ£Sangat BaikÔÇØ. beberapa hal yang menyebabkan tidak tercapainya kategori ÔÇ£Sangat BaikÔÇØ yaitu; (1) kurangnya pelatihan yang diikuti oleh guru, (2) sebagian besar guru tidak membuat RPP yang disesuaikan oleh peserta didik, (3) pelaksanaan pembelajaran yang menggabungkan 2 sampai 3 kelas dalam 1 rombongan belajar, (4) pelaksanaan penilaian aspek sikap yang tidak dilakukan oleh sebagian besar guru dan penilaian aspek keterampilan berpatokan pada peserta didik yang tidak bisa melakukan tugas gerak yang diberikan guru langsung diberikan nilai KKM. Rekomendasi dalam penelitian ini yaitu; (1) guru harus meningkatkan profesionalisme pelatihan atau seminar, (2) guru harus menolak jadwal pelaksanaan pembelajaran yang menggabungkan 2 sampai 3 kelas menjadi 1 rombongan belajar, (3) RPP yang digunakan oleh guru harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, (4) guru harus melaksanakan penilaian dalam aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan sesuai standar penilaian yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62175

Actions (login required)

View Item View Item