Pengaruh pembelajaran berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar kognitif pada matakuliah atletik di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya / Danis Sunu I Madeanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar kognitif pada matakuliah atletik di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya / Danis Sunu I Madeanto

Madeanto, Danis Sunu I (2018) Pengaruh pembelajaran berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar kognitif pada matakuliah atletik di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya / Danis Sunu I Madeanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Madeanto Danis Sunu I. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Matakuliah Atletik di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Tesis. Jurusan Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyadi M.Kes. (II) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo M.Pd. Kata Kunci Multimedia Interaktif Hasil Belajar Kognitif Matakuliah atletik Kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan penggunaan multimedia dirancang untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswa. Pemilihan multimedia bertujuan mengakomodasi kebutuhan mahasiswa yang memiliki karakteristik berbeda antara satu dengan yang lainnya dalam menerima menyerap dan mengolah informasi (gaya belajar) yang diberikan oleh pendidik multimedia berguna dalam memperjelas konsep materi pembelajaran. Dalam proses pembelajaran matakuliah atletik mahasiswa mengharapkan penjelasan teori yang lebih interaktif dengan memuat contoh-contoh yang riil dengan menggunakan video audio animasi gerak sehingga tujuan pembelajaran (hasil belajar) dapat tercapai. Tujuan penelitian yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada tidaknya pengaruh pembelajaran berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar kognitif. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimen dengan desain faktorial 1x3 mengacu pada rancangan pre-eksperimen bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa matakuliah atletik di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang berjumlah 160 mahasiswa sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Sampling Acak Sederhana (Simple Random Sampling) dari 4 kelas diambil 1 kelas secara acak berjumlah 36 mahasiswa kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan hasil tes pretest dan postest serta kuisioner. Penelitian ini dilakukan selama 7 minggu dengan memberi perlakuan selama 5 minggu. Data dianalisis dengan bantuan program SoftwareSPSS Statistic 17.0. Hasil penelitian analisis anava satu jalan gaya belajar F hitung sebesar 17 759 lebih besar dari F tabel 0 05 sebesar 3 29 berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara gaya belajar visual auditori dan kinestetik terhadap hasil belajar kognitif matakuliah atletik cabang lompat dan lempar.Analisis uji t menunjukkan bahwa nilai signifikan 0 05 (1.68) dan nilai korelasi diperoleh sebesar 0 119 dengan signifikansi 0 396 menyatakan nilai postets dan pretest terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif pada matakuliah atletik melalui media pembelajaran berbasis multimedia interaktif.Hasil penelitian ini menyatakan bahwa multimedia interaktif dan gaya belajar auditori lebih efektif dari pada gaya belajar visual dan kinestetik dengan bukti data beda mean auditori sebesar 24 00 lebih besar dari mean gaya belajar kinestetik sebesar 17 20 dan visual sebesar 16 22. Maka terdapat pengaruh multimedia interaktif atletik dengan gaya belajar auditori lebih efektif terhadap hasil belajar kognitif dari pada gaya belajar visual dan kinestetik. Berdasarkan hasil penelitian disarankan mahasiswa diharapkan mampu memahami dan mengenali karakteristik dari gaya belajar masing-masing individu multimedia interaktif bisa digunakan alternatif pembelajaran oleh pendidik guna mencapai hasil belajar kognitif untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah teknik pengumpulan data dan mengukur semua aspek hasil belajar seperti efektivitas efesiensi dan daya tarik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62174

Actions (login required)

View Item View Item