Pengembangan media pembelajaran mata kuliah bola basket berbasis blended learning / Hendra Ramadhona - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran mata kuliah bola basket berbasis blended learning / Hendra Ramadhona

Ramadhona, Hendra (2018) Pengembangan media pembelajaran mata kuliah bola basket berbasis blended learning / Hendra Ramadhona. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hendra Ramadhona. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Bola Basket Berbasis Blended Learning. Tesis Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang (1) Dr. Wasis D. Dwiyogo M.Pd (2) Dr. Imam Hariadi M.Kes Kata Kunci Media Pembelajaran Blended Learning Bola Basket Pemanfaatan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan. Realitanya dalam proses pembelajaran yang dilakukan tidak dilengkapi dengan bahan ajar mahasiswa hanya dijelaskan secara lisan tanpa ada media yang digunakan sebagai pendukung pembelajaran. Sehingga pengembangan media pembelajaran mata kuliah bola basket berbasis blended learning memanfaatkan media untuk menemukan solusi agar mahasiswa dapat memahami materi perkuliahan dalam kondisi keterbatasan waktu karena pembagian jadwal perkuliahan praktik dan teori di kelas dan dapat dipelajari kapan saja dan dimana saja. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk pembelajaran mata kuliah bola basket berbasis blended learning (tatap muka offline dan online). Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini menggunakan Model Rancangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning yaitu (1) analisis kebutuhan pemecahan masalah (2) identifikasi sumber belajar dan kendala-kendala dalam mengaplikasikan pembelajaran berbasis blended learning dan (3) identifikasi karakteristik pebelajar (4) menetapkan tujuan pembelajaran (5) memilih dan (6) menetapkan strategi pembelajaran (7) uji coba (8) revisi (9) prototipe pembelajaran berbasis blended learning. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan melibatkan subjek uji coba 40 mahasiswa Universitas Mulawarman Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi dan 3 orang ahli dalam bidang materi bola basket pembelajaran dan media. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah produk media pembelajaran mata kuliah berbasis blended learning untuk produk tatap muka berupa media cetak buku teks produk offline berupa multimedia interaktif dan media online berupa edmodo. Hasil dari ahli media didapatkan rata-rata persentase 94 38% dari ahli pembelajaran didapatkan rata-rata 91 07% dan dari ahli materi bola basket didapatkan rata-rata 87 5%. Hasil dari uji coba perorangan didapatkan rata-rata 86 57% dari uji coba kelompok kecil didapatkan rata-rata 82 36% dan dari uji coba kelompok besar didapatkan rata-rata 83 47% secara keseluruhan uji kelompok dinyatakan sangat valid. Jadi kesimpulan dari penelitian pengembangan ini dinyatakan bahwa produk pengembangan media pembelajaran mata kuliah bola basket berbasis blended learning layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62170

Actions (login required)

View Item View Item