Pengembangan pembelajaran matakuliah sepakbola berbasis blended learning untuk mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang / Byan Candra Gloria Estefan

Estefan, Byan Candra Gloria (2018) Pengembangan pembelajaran matakuliah sepakbola berbasis blended learning untuk mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang / Byan Candra Gloria Estefan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Estefan, Byan Candra Gloria. 2017. Pengembangan Pembelajaran Matakuliah Sepakbola Berbasis Blended Learning Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang. Tesis, Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wasis D Dwiyogo, M.Pd. (II) Dr. Supriyadi, M.Kes. Kata Kunci: pembelajaran sepakbola, blended learning Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Dalam matakuliah sepakbola bukan hanya kemampuan psikomotor dan afektif saja yang harus dipenuhi dan dikuasai. Kemampuan kognitif juga ranah yang penting dalam sebuah pembelajaran. Integrasi teknologi dalam pembelajaran sepakbola membantu proses dan memberikan motivasi belajar serta dengan pembelajaran berbasis blended learning dapat membantu tenaga pengajar dalam menyampaikan materi sesuai dengan pembelajaran yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produkpembelajaran matakuliah sepakbola berbasis blended learning berupa pembelajaran face to face atau tatap muka, pembelajaran offline dan pembelajaran online. Penelitian dan pengembangan ini mengunakan model konseptual yang mengacu pada penelitian dan pengembangan menggunakan model rancangan pembelajaran berbasis blended learning.Langkah-langkah rancangan tersebut sebagai berikut: (1) analisis kebutuhan pemecahan masalah, (2) identifikasi sumber belajar dan kendalakendala dalam mengaplikasikan pembelajaran berbasis blended learning, dan (3) identifikasi karakteristik pebelajar. Tahap rancangan: (4) menetapkan tujuan pembelajaran, (5) memilih, dan (6) menetapkan strategi pembelajaran. Tahap evaluasi: (7) uji coba, (8) revisi, (9) prototipe produk berbasis blended learning. Hasil validasi ahli media produk pembelajaran didapat rata-rata persentase 91,14, termasuk kategori ÔÇ£sangat layakÔÇØ, selanjutnya validasi ahli pembelajaran produk dengan persentase 84,54, termasuk kategori ÔÇ£sangat layakÔÇØ dan hasil validasi materidengan presentase 93,88 termasuk dalam kategori ÔÇ£sangat layakÔÇØ.Selanjutnya diilanjutkan uji coba kelompok kecil di dapat rata-rata 79,80,langkah terakhir uji coba kelompok besar diperoleh presentase 82,10 dengan kategori ÔÇ£sangat layakÔÇØ. Dapat disimpulkan bahwa hasil uji coba produk pembelajaran sepakbola berbasis blended learning memperoleh rata-rata 86,29 ÔÇ£sangat layakÔÇØ digunakan dan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pebelajar. Produk yang dikembangkan untuk pembelajaran face to face berupa buku dengan ukuran B5 yang terdiri dari materi sejarah, teknik dasar, pola strategi dan taktik, peraturan perwasitan, latihan fisik, latihan mental, sarana dan prasarana. Kemudian produk yang dikembangkan untuk pembelajaran offline berupa gambar, animasi video audio dan teks terkait materi teknik dasar, pola strategi dan taktik, peraturan perwasitan, latihan fisik, yang disajikan mengunakan software adobe flash dan dikemas dalam bentuk DVD. Sedangkan produk yang dikembagkan untuk pembelajaran online berupa portal website mengunkan Edmodo dimana mahasiswa bisa mengunduh, mengerjakan soal dan berhubungan pada ruang maya yang bisa di akses kapanpun dan dimanapun.ii Saran desiminasi produk pembelajara sebagai berikut: Agar pengembangan produk dapat digunakan dalam ruang lingkup yang lebih besar lagi, perlu adanya eksperimen terhadap keefektivitasan dan keterpakaian produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62169

Actions (login required)

View Item View Item