Profesional guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam mengembangkan materi pembelajaran di Sekolah dasar Negeri Danau Seluluk Kabupaten Seruyan / Rahmad Fauzi

Fauzi, Rahmad (2018) Profesional guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam mengembangkan materi pembelajaran di Sekolah dasar Negeri Danau Seluluk Kabupaten Seruyan / Rahmad Fauzi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fauzi, Rahmad. 2017. Profesional Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dalam Mengembangkan Materi Pembelajaran di SD Negeri Danau Seluluk Kabupaten Seruyan. Tesis. Pendidikan Olahraga Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Roesdiyanto, M.Kes. (II) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd. Kata kunci: profesional, guru, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, materi, pembelajaran, sekolah dasar, danau seluluk, seruyan Guru merupakan hal yang sangat penting dalam membentuk dan mengembangkan krakteristik siswa dalam pembelajaran yang sesuai dengan nilainilai yang terkandung dalam tujuan pendidikan. Sebagai guru profesional harus memenuhi standar kompetensi. Standar kompetensi bertujuan untuk memperoleh acuan baku dalam pengukuran kinerja guru untuk mendapatkan kualitas guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam hal ini meningkatkan kompetensi guru menjadi lebih profesional merupakan langkah yang dapat mewujudkan kecerdasan bangsa dengan dasar ini maka dapat menghasilkan guruguru yang profesional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi untuk mengungkap fenomena langsung dari sudut pandang guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Subjek dalam penelitian ini adalah tujuh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar Negeri Danau Seluluk Kabupaten Seruyan. Prosedur pengumpulan data ini dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Analisis data kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman dengan tiga tahap kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, member check, audit trail, dan expert opinion. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut. (1) guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan belum memenuhi standar kualifikasi sebagai guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang profesional, (2) guru pendidikan jasmani olahrga dan kesehatan belum dapat mengembangkan materi pembelajaran dengan kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, (3) proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan belum sesuai dengan standar proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Proses pembelajaran hanya dilakukan secara tidak terstruktur dimana tidak jelas terjadi kegiatan pendahuluan, inti, penutup dan evaluasi. Selain itu proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan belum memperhatikan tingkat pertumbuhan peserta didik, karena proses pembelajaran pendidikan jasmaniii olahraga dan kesehatan dilaksanakan secara bersama-sama dalam satu waktu antara kelas satu dengan kelas enam. Berdasarkan temuan penelitian ini, terdapat saran yang dapat dipertimbangkan sebagai bahan evaluasi bersama antara lembaga pendidikan dan guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SD Negeri Danau Seluluk Kabupaten Seruyan, sebagai berikut. (1) kualifikasi guru pendidikan harus memenuhi standar profesi guru sehingga penerapan proses pembelajaran dapat dilakukan secara tepat sesuai dengan tujuan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dan tujuan pendidikan Nasional serta sesuai dengan karakteristik peserta didik usia SD, (2) kegiatan peningkatan keprofesionalan guru sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang sesuai dengan perkembangan kurikulum, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta sesuai dengan tingkat pertumbuhan peserta didik masing-masing jenjang pendidikan, (3) pengembangan materi pendidikan jasmani olahrga dan kesehatan yang kreatif, interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologi peserta didik yang merupakan salah satu strategi pencapaian tujuan pendidikan, (4) peserta didik usia SD merupakan pendidikan fundamental bagi seseorang, dimana seseorang individu yang sedang berkembang, berada dalam perubahan fisik maupun mental yang mengarah ke arah yang lebih baik. Oleh sebab itu hendaknya proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan usia SD dapat benar-benar diperhatikan sebagai pondasi manusia secara utuh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62168

Actions (login required)

View Item View Item