Pengaruh pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran pendidikan jasmani terhadap Academic Learning Time (ALT) siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Mahendra Hayu Alfiyansah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran pendidikan jasmani terhadap Academic Learning Time (ALT) siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Mahendra Hayu Alfiyansah

Alfiyansah, Mahendra Hayu (2017) Pengaruh pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran pendidikan jasmani terhadap Academic Learning Time (ALT) siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Mahendra Hayu Alfiyansah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alfiyansah Mahendra Hayu. 2017. Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Academis Learning Time (ALT) Siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Tesis Prodi Pendidikan Olahraga Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Eko Hariyanto M.Pd (II) Dr. Sugiharto M.S. Kata Kunci Konstruktivisme Pendidikan Jasmani Academis Learning Time Minat olahraga serta keaktifan siswa sangat diperlukan dalam pembelajaran karena pada kegiatan belajar mengajar dipusatkan pada siswa (student center) bukan guru (teacher center) sehingga berakibatnya proses belajar mengajar cenderung membosankan siswa sibuk dengan urusannya masing-masing tidak mengikuti petunjuk guru tidak mendengarkan guru dan menjadikan siswa malas untuk belajar sehingga siswa tidak cukup memadai dan lama mendapat kesempatan belajar atau active learning time (ALT). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifkan siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen pra-eksperimental variasi pembelajaran konstruktivisme yang lebih menekankan pada pengalaman siswa sebelum siswa diajak dalam kegiatan proses belajar . Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif. Hasil uji normalitas menyatakan normal. Hasil uji homogenitas menyatakan seluruh kelompok berasal dari populasi yang homogen. Hasil tes pembelajaran konvensional menunjukkan bahwa tes awal dan tes akhir passing bawah bolavoli yang dilakukan pada kelompok konvensional diperoleh kesimpulan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keaktifan passing bawah bolavoli pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Kesimpulan berdasarkan hasil uji hipotesis yang menggunakan analisis varian satu jalur pada kelompok konvensional diperoleh Fhitung sebesar 0.564.05 sebagai Ftabel sehingga hipotesis nihil ditolak. Kesimpulan tersebut diperoleh berdasarkan aspek yang cukup terpenuhi dalam pelaksanaan pembelajaran konstruktivisme yaitu tingkat keaktifan passing bawah bolavoli mengalami perubahan oleh berbagai kondisi yaitu siswa menjadi pusat perhatian. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan analisis varian satu jalur antara konstruktivisme dengan pembelajaran konvensional membuktikan bahwa konstruktivisme lebih baik dalam meningkatkan keaktifan passing bawah bolavoli jika dibandingkan dengan latihan konvensional

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62163

Actions (login required)

View Item View Item