Evaluasi pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 mata peljaran pendidikan jasmani, mOlahraga , dan Kesehatan di SMP Negeri Kota Kediri / Rizka Yulidasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 mata peljaran pendidikan jasmani, mOlahraga , dan Kesehatan di SMP Negeri Kota Kediri / Rizka Yulidasari

Yulidasari, Rizka (2017) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 mata peljaran pendidikan jasmani, mOlahraga , dan Kesehatan di SMP Negeri Kota Kediri / Rizka Yulidasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yulidasari Rizka. 2017. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri Kota Kediri. Tesis Program Studi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sapto Adi M.Kes. Pembimbing (II) Dr. Imam Hariadi M.Kes. Kata kunci pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 model CIPP. Evaluasi dapat memberikan pendekatan yang lebih banyak lagi dalam memberikan informasi kepada pendidik untuk membantu perbaikan dan pengembangan sistem pendidikan. Pakar-pakar pendidikan dan para pemimpin mendukung serta menyetujui bahwa program pendidikan harus dievaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 mata pelajaran PJOK yang mengacu pada standar proses pendidikan yang meliputi 1) perencanaan pembelajaran 2) pelaksanaan pembelajaran 3) penilaian pembelajaran dan 4) pengawasan pembelajaran dengan menggunakan metode evaluasi CIPP. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian non eksperimental ditinjau dari tujuan dan sifatnya penelitian ini menggunakan metode survei dengan jenis penelitian evaluasi yang menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif menggunakan instrumen kuesioner observasi dan wawancara. Untuk teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster sampling insidental sampling dan simple random sampling pada sekolah guru dan siswa mata pelajaran PJOK di SMP Negeri Kota Kediri. Hasil penelitian evaluasi menggunakan metode evaluasi CIPP diperoleh hasil pada Evaluasi context (relevansi tujuan) di SMPN 1 Kediri dan SMPN 2 Kediri pada predikat amat baik dan SMPN 7 Kediri pada predikat baik. Evaluasi input (perfoma guru PJOK perangkat pembelajaran dan sarana dan prasarana) di SMPN 1 Kediri SMPN 2 Kediri dan SMPN 7 Kediri pada predikat baik. Evaluasi process (pelaksanaan pembelajaran PJOK) di SMPN 1 Kediri dan SMPN 7 Kediri pada predikat amat baik dan di SMPN 2 Kediri pada predikat baik. Evaluasi product (penilaian pembelajaran dan prestasi siswa) di SMPN 1 Kediri dan SMPN 7 Kediri berada pada predikat baik dan SMPN 2 Kediri berada pada predikat cukup. Disarankan bagi peneliti berikutnya diharapkan dapat melakukan penelitian evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK di tempat yang berbeda dan melaksanaan penelitian evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK dengan menggunakan metode evaluasi lain sehingga faktor yang terkait dengan pelaksanaan pembelajaran PJOK dapat teridentifikasi secara luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62160

Actions (login required)

View Item View Item