Pengembangan bahan ajar permainan tradisional untuk siswa usia 6 sampai 11 tahun di sekolah dasar / Angga Bramansta Putrantana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar permainan tradisional untuk siswa usia 6 sampai 11 tahun di sekolah dasar / Angga Bramansta Putrantana

Putrantana, Angga Bramansta (2017) Pengembangan bahan ajar permainan tradisional untuk siswa usia 6 sampai 11 tahun di sekolah dasar / Angga Bramansta Putrantana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putrantana Angga B. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Permainan Tradisional Untuk Siswa Usia 6 Sampai 11 Tahun Di Sekolah Dasar. Tesis Jurusan Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eko Haryanto M.Pd. (II) Dr. Saichudin M.Kes. Kata Kunci pengembangan bahan ajar permainan tradisional. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan memasukkan materi permainan tradisional pada proses pembelajaran sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang telah ada. Permainan tradisional yang meliputi petak umpet bentengan boy-boyan hadang. Kurikulum 2013 pada jenjang Sekolah Dasar mengajarkan permainan tradisional dapat dilihat pada buku guru dan buku siswa. Pada proses pembelajaran guru harus menyesuaikan dengan karakteristik tumbuh kembang dan sesuai dengan tematik terpadu itu akan membuat mudah guru untuk membuat bahan ajar khususnya untuk materi pembelajaran permainan tradisional. Tetapi pada kenyataanya dalam aktivitas pembelajaran belum ada bahan ajar untuk memudahkan aktivitas pembelajaran yang dilihat dari karakteristik tumbuh kembang dan sesuai dengan tematik terpadu khususnya permainan tradisional. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar permainan tradisional pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan bagi siswa usia 6 Sampai 11 tahun di Sekolah Dasar. Untuk mengetahui seberapa efektif permainan tradisional untuk kelentukan keseimbangan dan kelincahan siswa. Model yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan Research and Development (R D) dengan menggunakan model pengembangan untuk multimedia yang dikembangkan oleh Lee Owen. Hasil validasi ahli Pembelajaran diperoleh persentase 86.58% kategori sangat valid. Validasi ahli Permainan diperoleh persentase 82.75% tergolong kategori cukup valid. Validasi ahli Media diperoleh persentase 75 3% tergolong kategori cukup valid. Validasi dari ahli Pengguna diperoleh persentase 95 5% kategori sangat valid. Hasil dari uji coba kelompok kecil pada kelas I II III diperoleh rata-rata persentase sebesar 93 75% tergolong kategori sangat valid. Hasil dari uji coba kelompok besar pada kelas I II III diperoleh rata-rata persentase sebesar 94 6% tergolong kategori sangat valid. Hasil dari uji efektivitas maka jika to tt (signifikan 0 05) maka hipotesis nihil diterima. Maka tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pre-test dengan post-test. Dilihat dari hasil rata-rata pre-test dan post-test jika pre-test post-test dengan demikian dapat dinyatakan bahwa tes keseimbangan kelentukan dan kelincahan dengan pengembangan permainan tradisional engklek efektif. Produk yang dihasilkan dari penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar permainan tradisional bagi siswa usia 6 sampai 11 tahun. Pengembangan permainan tradisional engklek lompat tali bentengan dan ular-ularan. Modifikasi permainan tradisional tersebut akan dikemas menggunakan multimedia interaktif sebagai sarana menyampaikan bahan ajar tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62159

Actions (login required)

View Item View Item