Evaluasi program pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga pada SMP Negeri Kecamatan Aikmel dengan pendekatan model CIPP / Razikin Masruri - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi program pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga pada SMP Negeri Kecamatan Aikmel dengan pendekatan model CIPP / Razikin Masruri

Masruri, Razikin (2017) Evaluasi program pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga pada SMP Negeri Kecamatan Aikmel dengan pendekatan model CIPP / Razikin Masruri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masruri Razikin. 2017. Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga pada SMP Negeri Kecamatan Aikmel dengan Pendekatan Model CIPP Tesis Program Studi Pendidikan Olahraga Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. E. Winarno M.Pd (II) Dr. Siti Nurrochmah M.Kes Kata Kunci evaluasi program pendidikan jasmani dan olahraga evaluasi context input process dan product (CIPP). Pentingnya peran pendidikan jasmani dan olahraga bagi tumbuh kembang peserta didik sehingga memerlukan tenaga pendidik yang berkualitas yang memiliki profesionalitas dan kompetensi dalam bidang pendidikan jasmani sarana prasarana pendukung dan pembiayaan serta pengawasan terhadap pelaksanaannya sehingga tujuan pendidikan jasmani dan olahraga dapat tercapai secara optimal. Salah satu cara untuk meningkatkan dan memperbaiki program pendidikan yaitu dengan melakukan evaluasi terhadap program tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan data tentang kualitas program pendidikan jasmani dan olahraga melalui evaluasi Context Input Process dan Product. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan model CIPP. Teknik pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian SMP Negeri 1 Aikmel dan SMP Negeri 2 Aikmel Lombok Timur Semester II tahun pelajaran 2016/2017. Data penelitian diperoleh dari Angket guru dan siswa Observasi analisis dokumen checklist wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif Hasil evaluasi program pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga pada SMP Negeri Kecamatan Aikmel rata-rata penilaian menunjukkan (1) komponen Context berada pada kategori Kurang Baik dimana tujuan pembelajaran tidak dirumuskan dengan baik (44 53%) (2) komponen Input pada kategori Cukup Baik guru tidak memiliki perangkat pembelajaran kurangnya pengawasan serta sarana dan prasarana (64%) (3) komponen Process dalam kategori Cukup Baik yaitu waktu pelaksanaan pembelajaran yang kurang efektif dan pembelajaran yang diterapkan masih terfokus pada guru serta kurangnya perhatian terhadap keikutsertaan siswa dalam aktivitas fisik (63 11% ) dan (4) komponen Product berada pada kategori Tidak Baik yaitu rendahnya minat siswa terhadap pendidikan jasmani dan olahraga (36 06%). Rekomendasi pada setiap komponen (1) Context perlunya pengembangan diri untuk menambah wawasan dalam merumuskan tujuan pembelajaran (2) Input Kepala sekolah harus melakukan pengawasan pada penyusunan perangkat pembelajaran pemerintah daerah harus memperhatikan kualitas guru dan sarana prasarana (3) Process guru harus membangun kedisiplinan dan pengembangan diri khususnya pada cara mengajar dan pengelolaan kelas (4) Product perlu mengoptimalkan motivasi belajar bagi guru dan siswa. ABSTRACT Masruri Razikin. 2017. Evaluation of Learning Program Physical Education and Sport at SMP Negeri districts Aikmel with CIPP model Thesis Sport Education Study Program Graduate School Universitas Negeri Malang. Advisor (I) Prof. Dr. M. E. Winarno M.Pd (II) Dr. Siti Nurrochmah M.Kes. Keywords program evaluation physical education and sports context input process and product (CIPP). The importance of the role of physical education and sports for growth and development of learners thus requiring educators who have the professionalism and competence in the field of physical education facilities supporting infrastructure and financing and supervision of the implementation so that the goals of physical education and sports can be achieved optimally. One way to increase and improve the education program is to evaluate the program. The purpose of this study is to obtain data about the quality of physical education programs and sports through evaluation Context Input Process and Product. This research is an evaluation research with CIPP model approach. The technique of selecting research subject using purposive sampling. Research subjects of SMP Negeri 1 Aikmel and SMP Negeri 2 Aikmel East Lombok Second semester of academic year 2016/2017. Research data obtained from teacher and student Questionnaire Observation document analysis checklist interview and documentation. Data analysis using descriptive statistics The result evaluation of physical and sport education program at SMP Negeri Aikmel Sub District shows (1) Average rating on Context component is in Less Good category with percentage of 44.53% where the purpose of learning is not well formulated (2) Average Score of Input component at Good enough category with a percentage of 64% teachers do not have learning tools lack of supervision and facilities and infrastructure (3) Average on the Process component in the Fairly Good category with a percentage of 63.11% Time of less effective learning implementation and applied lesson still focused on teacher and lack of attention to student participation in physical activity and (4) The average score on the Product component is in the Not Good with a percentage of 36.06% that is low interest of students towards physical education and sports. Recommendation from research result that is (1) Context the need for self-development to add insight in formulating learning objectives 2) Input Principal should supervise the preparation of learning tools local government should pay attention to the quality of teachers and infrastructure (3) Process the teacher must build self-discipline and self-development through for teaching and classroom management (4) Product need to optimize learning motivation for teacher and student

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62158

Actions (login required)

View Item View Item