Pengembangan bahan ajar multimedia interaktif mata kuliah renang untuk mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang / Andreas Budi Setyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar multimedia interaktif mata kuliah renang untuk mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang / Andreas Budi Setyawan

Setyawan, Andreas Budi (2017) Pengembangan bahan ajar multimedia interaktif mata kuliah renang untuk mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang / Andreas Budi Setyawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyawan Andreas Budi. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Mata Kuliah Renang Untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Olahraga Progam Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Eko Hariyanto M.Pd. (II) Dr. Supriyadi M.Kes. Kata Kunci bahan ajar multimedia interaktif renang Pendidikan tinggi merupakan lembaga yang menyiapkan lulusan yang mempunyai pemahaman keterampilan pengetahuan serta teknologi dalam suatu bidang. Salah satu lembaga pendidikan tinggi adalah Universitas Negeri Malang yang mempunyai progam studi pendidikan jasmani dan kesehatan yang dalam proses perkuliahan mahasiswa harus menempuh beberapa mata kuliah teori dan praktik dimana untuk peningkatan dari segi afektif kognitif dan psikomotor salah satunya adalah mata kuliah renang. Di era teknologi sekarang ini penggunaan multimedia interaktif menjadi alat bantu untuk mengemas bahan ajar untuk sarana belajar. Tidak adanya bahan ajar di dalam proses perkuliahan renang dan minimnya jumlah pertemuan mengakibatkan perkuliahan cenderung pada aspek praktik dan mengesampingkan aspek kognitif selain itu sumber belajar hanya pada dosen mahasiswa kurang bisa belajar mandiri untuk meningkatkan kompetensi dari segi kognitif afektif dan psikomotorik yang harus dikuasai sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Tujuan penelitian untuk mengembangkan bahan ajar matakuliah renang bentuk multimedia interaktif. Model pengembangan merujuk model pengembangan Lee Owens (2004 93) dengan prosedur pengembangan sebagai berikut (1) need assessment (2) melakukan front-end analysis atau analisis awal dan akhir (3) desain produk (4) development atau pengembangan produk (5) implementation atau pelaksanaan (6) evaluation atau evaluasi produk. Hasil penelitian dan pengembangan dalam bentuk multimedia interaktif ini dengan fitur teks gambar video audio musik dengan isi materi diantaranya RPS renang sejarah renang hakikat olahraga renang pemanasan gaya bebas gaya dada gaya punggung gaya gaya kupu-kupu start dan pembalikan tes renang 50 meter peraturan olahraga renang dan latihan soal. Sebelumnya produk di validasikan kepada ahli media ahli pembelajaran dan ahli renang dalam validasi tersebut didapati beberapa masukan dan saran untuk menyempurnaan produk yang nantinya setelah itu akan dilanjutkan pada tahap uji coba kelompok. Adapun secara umum dari hasil uji coba yang dikaji dari beberapa aspek diperoleh hasil yaitu kriteria kejelasan produk diperoleh persentase sebesar 93 07% kriteria kemudahan produk diperoleh persentase sebesar 93 33% kriteria kemenarikan produk diperoleh persentase sebesar 92 77% dan kriteria kebermanfaatan 94 16% dengan akumulasi keseluruhan didapati persentase rata-rata 93 19%. Semua kriteria di atas menunjukkan telah memenuhi kelayakan produk sehingga produk pengembangan bahan ajar multimedia interaktif dinyatakan sangat valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar. ABSTRACT Setyawan Andreas Budi. 2017. The Development of Interactive Multimedia Teaching Materials on Swimming Courses for Students of Physical Education and Health State University of Malang. Thesis. Sport Physical Departement Program Postgraduate State University of Malang. Advisor (1) Dr. Eko Hariyanto M.Pd. (II) Dr. Supriyadi M.Kes. Keywords teaching materials interactive multimedia swimming Higher education is an institution that prepares graduates who have an understanding of skills knowledge and technology in a field. One of the higher education institutions is the State University of Malang which has a program of physical education and health education which in the course of the students must take several courses of theory and practice where for improvements in terms of affective cognitive and psychomotor one of them is swimming courses. In the current era of technology the use of interactive multimedia to be a tool to package teaching materials for learning facilities. The absence of teaching materials in the swimming course and the lack of number of meetings resulted in lectures tend to practice aspects and overriding cognitive aspects other than that the source of learning is only on the lecturers students are less able to learn independently to improve competence in terms of cognitive affective and psychomotor which must controlled according to their individual needs. The objective of the research is to develop the subject matter of interactive multimedia form swimming. The development model refers to Lee Owens development model (2004 93) with the following development procedures (1) need assessment (2) front-end analysis (3) product design 4) product development or development (5) implementation or implementation (6) evaluation or product evaluation. The results of research and development in the form of interactive multimedia with text picture video audio music content with the content of materials such as RPS pool swimming history the nature of sports swimming warming freestyle chest style backstroke butterfly style start and reversal 50 meter swimming tests swimming pool rules and exercise questions. Previously the product validated to the media experts learning experts and swimmers in the validation was found some input and suggestions to perfection products which later after that will be continued in the group testing phase. Generally the result of the experiments studied from several aspects obtained the result of the clarity of the product obtained percentage of 93.07% the ease of the product obtained percentage of 93.33% product attractiveness criteria obtained percentage of 92.77% and usefulness criteria 94.16% with the overall accumulation was found the average percentage of 93.19%. All of the above criteria show that it has fulfilled the feasibility of the product so that the interactive multimedia learning materials development product is declared very valid and suitable for use as teaching material.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62157

Actions (login required)

View Item View Item