Pengembangan media pembelajaran lended learning untuk mata pelajaran Pendidikan jasmani, Olahraga, dan Kesehatan kelas XI / Flady Makhmud Putra

Putra, Flady Makhmud (2017) Pengembangan media pembelajaran lended learning untuk mata pelajaran Pendidikan jasmani, Olahraga, dan Kesehatan kelas XI / Flady Makhmud Putra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Flady Makhmud Putra. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Blended Learning untuk Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas XI. Tesis Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang (1) Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd (2) Dr. Supriyadi, M.Kes Kata Kunci: Media Pembelajaran, Blended Learning, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan merupakan bagian dari pendidikan secara keseluruhan karena dalam pendidikan jasmani terdapat tiga ranah yaitu afektif yang berhubungan dengan sikap, kognitif yang berhubungan dengan kemampuan berfikir anak dan psikomotor yang berhubungan dengan kemampuan gerak. Akan tetapi pelajaran PJOK yang seminggu sekali selama 2 jam pelajaran tidak bisa mewadahi ketiga ranah tersebut. PJOK hanya terbatas pada psikomotorik. Harus ada suatu media pembelajaran yang memberikan solusi dari masalah kurangnya pemberian materi pada peserta didik tanpa harus mengurangi jam pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Media Pembelajaran Blended Learning untuk Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Siswa Kelas XI. Dengan adanya media pembelajaran ini, siswa dapat aktif dalam proses belajar mengajar. dan memperoleh pengetahuan yang lebih luas tentang materi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Penelitian dan Pengembangan ini menggunakan Model Rancangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Langkah-langkah rancangan tersebut secara umum dilakukan dalam tiga tahap yaitu : (1) analisis, (2) Rancangan, dan (3) evaluasi. Pada tahap analisis dilakukan dengan melakukan analisis kebutuhan dengan wawancara dengan guru dan angket kepada siswa. Dari data tersebut digunakan sebagai langkah selanjutnya untuk membuat rancangan produk. Tahap selanjutnya adalah tahap evaluasi. Produk pengembangan ini di evaluasi oleh 3 ahli yaitu ahli materi PJOK, ahli media pembelajaran, dan praktisi lapangan yaitu guru. Tahap selanjutnya adalah uji coba lapangan. Uji coba lapangan ada 3 tahap yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran blended learning untuk mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Produk pengembangan ini terdiri dari 3 bentuk yaitu untuk tatap muka menggunakan buku teks, untuk offline menggunakan Autoplay, dan untuk pembelajaran online menggunakan Edmodo. Dari data kevalidan produk didapatkan rata-rata persentase 87.10 % dengan kriteria sangat valid. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini hanya sebatas pada prototipe produk. Untuk pemakaian lebih lanjut tergantung dari kreatifitas pemakai produk baik guru ataupun peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62153

Actions (login required)

View Item View Item