Fathoni, Abi Fajar (2017) Pengembangan rubrik penilaian keterampilan mata pelajaran PJOK materi bola besar dan kecil kelas VII semester genap / Abi Fajar Fathoni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fathoni Abi Fajar. 2017. Pengembangan Rubrik Penilaian Keterampilan Mata Pelajaran PJOK Materi Bola Besar dan Kecil Kelas VII Semester Genap. Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Supriyadi M.Kes (2) Dr. Saichudin M.Kes. Kata Kunci pengembangan rubrik penilaian keterampilan bola besar dan kecil. Pembelajaran PJOK selalu dilakukan evaluasi untuk mengetahui keberhasilan yang dicapai. Evaluasi dilakukan dengan mengumpulkan data penguasaan keterampilan siswa. Proses pengumpulan data menggunakan instrumen salah satunya adalah rubrik penilaian keterampilan. Namun beberapa rubrik penilaian keterampilan yang dikembangkan belum bisa memberikan skor kepada siswa secara objektif dan penggunaannya kurang praktis. Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan rubrik penilaian keterampilan yang bisa digunakan oleh guru dalam memberikan skor kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan rubrik penilaian keterampilan mata pelajaran PJOK materi bola besar dan bola kecil kelas VII Sekolah Menengah Pertama semester genap. Harapan dari pengembangan ini dapat mempermudah guru dalam memberikan skor secara objektif saat melakukan penilaian terhadap siswa dan menyediakan rubrik penilaian yang ekonomis. Penelitian ini menggunakan prosedur dari Borg dan Gall yang disederhanakan oleh Sugiyono sehingga peneliti melaksanakan penelitian dan pengembangan tersebut sampai pada tahap uji pemakaian. Produk yang dihasilkan adalah rubrik penilaian keterampilan permainan sepakbola permainan bolavoli permainan bolabasket permainan kasti permainan bulutangkis dan permainan tenis meja. Rubrik dikembangkan dengan bentuk file Microsoft excel dan menggunakan fasilitas unfreeze panes agar indikator penilaian tetap terlihat saat menilai siswa pada daftar urutan akhir.rubrik dijalankan dengan bantuan smartphone dan cara penskorannya dengan memberikan angka satu pada indikator penilaian yang ditunjukkan oleh siswa. Hasil penelitian diperoleh validasi dari ahli evaluasi Pendidikan Jasmani diperoleh persentase sebesar 75% tergolong kategori baik. Validasi dari ahli Pendidikan Jasmani diperoleh persentase sebesar 89 1% tergolong kategori sangat baik. Validasi dari ahli kurikulum Pendidikan Jasmani diperoleh persentase sebesar 100% tergolong kategori sangat baik. Hasil dari uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 93 7% tergolong kategori sangat baik. Hasil dari uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 94 3% tergolong kategori sangat baik. Hasil dari uji coba pemakaian diperoleh tingkat keterlaksanaan sebesar 4 7 tergolong kategori tinggi. Jadi produk rubrik penilaian keterampilan yang dikembangkan layak untuk digunakan. Penelitian selanjutnya diharapkan agar mengembangkan rubrik pada permainan cabang olahraga yang lebih luas tingkat kelas yang lebih banyak jenjang pendidikan yang lain dan pengembangan dalam bentuk software. Sehingga guru yang mudah dalam melakukan penilaian keterampilan siswa. Guru juga disarankan untuk memahami cara penggunaan rubrik penilaian keterampilan dan melatih diri sebelum terjun langsung pada kegiatan penilaian. ABSTRACT Fathoni Abi Fajar. 2017. Development of Skill Assessment Rubric of PJOK Subject for Big and Small Ball Material for VII Grade at Even Semester. Thesis. Sport Education Program of Study Postgraduate Program of State University of Malang. Advisors (1) Dr. Supriyadi M.Kes (2) Dr. Saichudin M.Kes Keywords development skill assessment rubric big and small ball. In PJOK learning evaluation is always done in order to identify the result reached. Evaluation is done by collecting the data of students skill mastery. The process of data collection uses some instruments one of them is skill assessment rubric. However some skill assessment rubrics that had been developed could not give an objective score to the students yet and the using was less prcatice. Therefore the development of skill assessment rubric that can be used for the teacher to give the students score is needed. The purpose of this study was to develop skill assessment rubric of PJOK subject for big and small ball in the VII grade of Junior High School at even semester. The expectaion of this development study was to easier the teachers in giving score objectively when they do an assessment to the students and to provide an economical assessment rubric. This study used Brog and Gall s procedure that was simplified by Sugiyono so that the researcher conducted this study and development until the using try out step. The product produced was skill assessment rubric of football vollyball basketball baseball badminton and table tennis game. The rubric was developed in form of Microsoft Excel file and using unfreeze panes facility so the assessment indicator can be seen when the teacher assesses the students in the last line of the list. The rubric is operated using smartphone and the way of scoring is by giving number one to the assessment indicator of the chosen student. The result obtained the precentage of 75% from the physical education evaluation expert s validation and it was catagorized into good. It obtained 89 1% from the physical education expert s validation and it was catagorized into very good. It also obtained 100% from the physical education curriculum expert s validation and it was catagorized into very good. The result of try out to the small group is obtained the precentage of 93 7% and it was catagorized into very good. The result of try out to the big group is obtained the precentage of 94 3% and it was catagorized into very good. The result of the try out of using is obtained the level of implementation 4 7 and it was catagorized into high. So the product of skill assessment rubric developed was proper to use. For the further research the researcher suggests to develop the rubric for the wider sport branches more level of class other stage of education and the development in form of software. So that the teacher can do students skill scoring easily. It was also suggested that the teachers understand the way of using of the skill assessment rubric and practice themselves before directly do the scoring activity.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62152 |
Actions (login required)
View Item |