Meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani dengan pembelajaran mobile learning pada siswa kelas 8 semester 1 SMPN 3 Purwodadi Pasuruan / Suhartono - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani dengan pembelajaran mobile learning pada siswa kelas 8 semester 1 SMPN 3 Purwodadi Pasuruan / Suhartono

Suhartono (2017) Meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani dengan pembelajaran mobile learning pada siswa kelas 8 semester 1 SMPN 3 Purwodadi Pasuruan / Suhartono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suhartono. 2106. Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Kelas 8 Semester 1 SMP Negeri 3 Purwodadi Pasuruan Tesis Sport Education Post Graduate Program State University of Malang. Supervisor (I) Dr. Wasis D. Dwiyogo M.Pd . (II) Dr. Siti Nurrochmah M.Kes. Cara mengajar yang menggunakan model komando akan sulit dilakukan disebabkan kurang mandirinya siswa dan hasil belajar pendidikan jasmani akan turun peningkatan hasil belajar lebih banyak dipengaruhi oleh intesitas pebelajar dalam menerima materi sehingga dapat memperoleh hasil yang memuaskan tapi juga didukung dengan metode dalam penyampaian materi itupun juga sangat berpengaruh terhadap hasil belajar. Penggunaan teknologi informasi maupun komunikasi akan memberikan dampak yang positif pada perkembangan dunia pendidikan. Dewasa ini pembelajaran online maupun offline banyak sekali dipakai dengan kondisi yang demikian saya menggunakan pembelajaran e-learning dalam bentuk e-pub yang memanfaat perangkat lunak yaitu handphone maupun smartphone. Pembelajaran m-learning ini diharapkan menghasilkan peningkatan motorik siswa dengan stadart penilaian yang dinamakan Academic learning time. Dengan tingkat keaktifan 80% maka pebelajar dinilai sudah memenuhi target atau KKM yang direcanakan dalam promes. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukan gambaran secara fisik dengan hasil yang cukup menggembirakan yaitu pada pertemuan pertama yang memenuhi ketuntasan minimal 58 dari 146 atau (58 22%) pertemuan ke dua dari 146 ada 110 siswa (75 34%) dan pertemuan ke tiga pada siklus 1 ada 116 siswa (75 45%). Pada siklus 2 meningkat menjadi 128 dari 146 pada pertemuan pertama atau (87 67%) dan pada pertemuan ke dua dari 146 ada 140 (95 89%). Dari gambaran diatas pembelajaran menggunakan m-learning sangat mendukung untuk peningkatan hasil pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga. Oleh karena itu perlu peningkatan iptek dalam menunjang pembelajaran disekolah dan guru perlu menambah pengetahuan yang ada kaitannya dengan dunia pendidikan baru yang didukung oleh teknologi. Kata kunci Pembelajaran hasil belajar pendidikan jasmani m-learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62148

Actions (login required)

View Item View Item