Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) kelas XI semester gasal / Aswin Try Juniarta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) kelas XI semester gasal / Aswin Try Juniarta

Try Juniarta, Aswin (2017) Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) kelas XI semester gasal / Aswin Try Juniarta. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Try Juniarta Aswin. 2016. Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas XI Semester Gasal. Tesis Program Studi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. M.E Winarno M.Pd (2) Dr. Sugiharto M.S. Kata kunci pengembangan instrumen penilaian pengetahuan PJOK Hasil analisis kebutuhan instrumen penilaian pengetahuan PJOK yang digunakan di SMA Negeri 1 Kediri menunjukkan bahwa instrumen belum memenuhi kategori instrumen tes yang baik karena masih terdapat soal yang tidak valid reliabilitas masih kategori cukup tingkat kesukaran soal masih belum memenuhi standar daya beda banyak yang masuk kategori jelek bahkan ada yang sangat jelek. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian pengetahuan mata pelajaran PJOK Kelas XI semester gasal di SMA. Penelitian yang telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 2 dan 3 Kediri ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development) yang merujuk pada pendapat dari Suryabrata (2000 68) dengan menggunakan sampai langkah ke-8. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi ahli PJOK diperoleh hasil sebagai berikut sebanyak 294 (98%) soal valid ahli bahasa diperoleh hasil semua soal (100%) valid ahli media diperoleh hasil persentase sebesar 100%. Dari hasil uji coba kelompok keseluruhan diperoleh hasil sejumlah 297 soal dinyatakan valid dengan koefisien korelasi sebesar 0 89 reliabilitas sebesar 0 94 sejumlah 16 butir soal kategori sangat mudah 23 butir masuk kategori mudah 227 butir soal kategori sedang dan 37 butir soal kategori sukar dan 3 butir soal masuk kategori sangat sukar. Indek daya beda yaitu sebesar 12% kategori negatif 10% kategori rendah 16% masuk kategori cukup 14% kategori baik dan 48% kategori baik sekali. Hasil untuk uji kelayakan produk yaitu kriteria kemenarikan diperoleh persentase sebesar 88 06%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian pengetahuan mata pelajaran PJOK valid dan dapat digunakan. Saran-saran dari peneliti dalam pengembangan penelitian ini yang menuju dan mengarah kepada penelitian lebih lanjut sebagai berikut (1) subjek penelitian diharapkan lebih luas tidak hanya di SMA Negeri 1 2 dan 3 Kota Kediri saja tetapi di sekolah-sekolah lain yang memiliki sarana komputer yang memadai (2) Jenjang sekolah lebih luas tidak hanya di jenjang SMA kelas XI saja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62147

Actions (login required)

View Item View Item