Pengembangan pembelajaran mata kuliah renang berbasis blended learning / Isak Riwu Rohi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran mata kuliah renang berbasis blended learning / Isak Riwu Rohi

Rohi, Isak Riwu (2017) Pengembangan pembelajaran mata kuliah renang berbasis blended learning / Isak Riwu Rohi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Riwurohi Isak. 2106. Pengembangan Pembelajaran Mata Kuliah Renang Berbasis Blended Learning Tesis Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wasis D. Dwiyogo M.Pd . (II) Dr. Siti Nurrochmah M.Kes. Kata Kunci Pengembangan Pembelajaran Renang Blended Leaning Perkembangan teknologi informasi membawa dampak signifikan dalam dunia pendidikan guru dan dosen tidak lagi sebagai aktor utama sumber belajar pembelajaran tatap muka harus dikombinasikan dengan pembelajaran online dan offline dalam bentuk blended learning hasil analisis kebutuhan lapangan pembelajaran renang sebagai mata kuliah wajib untuk semua mahasiswa dan masing-masing mahasiswa memiliki karakterististik gaya belajar pembelajaran pemecahan masalah sebagai sarana belajar mandiri bagi pebelajar serta dapat dipelajari setiap saat sesuai dengan kebutuhan pebelajar. Model pengembangan ini dikembangkan berdasarkan kajian teknologi pembelajaran rancangan pembelajaran berbasis blended learning model (Dwiyogo 2014) prosedur sebagai berikut secara umum dilakukan dalam tiga tahap yaitu analisis rancangan dan evaluasi dijabarkan menjadi 8 langkah yaitu 1) analisis kebutuhan pemecahan masalah 2) identifikasi sumber belajar dan kendala-kendala dalam mengaplikasikan pembelajaran blended learning 3) identifikasi karakteristik pebelajar 4) menetapkan tujuan pembelajaran 5) memilih dan menetapkan strategi pembelajaran 6) ujicoba 7) revisi dan 8) protipe produk berbasis blended learning. Produk pembelajaran mata kuliah renang berbasis blended learning yaitu tatap muka (autoplay) offline (sigil mobile learning) dan online (http //belajar. riwurohi.com). Hasil validasi ahli media produk pembelajaran didapat rata-rata persentase 86 21 masuk kategori sangat layak validasi ahli pembelajaran produk pembelajaran sangat layak dengan persentase 89 42 dan hasil validasi praktisi sangat layak dengan persentase 87 98 hasil ujicoba kelompok kecil rata-rata persentase 87 50 termasuk dalam kategori sangat layak dan langkah terakhir ujicoba kelompok besar didapat rata-rata persentase 89 69 termasuk dalam kategori sangat layak . Hasil ujicoba produk pembelajaran renang berbasis blended learning memperoleh rata-rata 89 69 maka dapat disimpulkan bahwa produk pembelajaran mata kuliah renang sangat layak digunakan dan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pebelajar. Saran desiminasi produk pembelajaran mata kuliah renang berbasis blended learning sebagai berikut 1) Produk pembelajaran ini hanya dapat digunakan di S1 Pendikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Kristen Artha Wacana tapi apabila dengan penyesuaian kebutuhan dapat digunakan ditempat yang dibutuhkan 2) untuk pengembangan lebih lanjut perlu dilakukan analisis kebutuhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62146

Actions (login required)

View Item View Item