Pengembangan bahan ajar mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam bentuk multimedia interaktif untuk siswa kelas VII / Fahmi Arif Ashfahany

Ashfahany, Fahmi Arif (2017) Pengembangan bahan ajar mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam bentuk multimedia interaktif untuk siswa kelas VII / Fahmi Arif Ashfahany. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ashfahany, Fahmi Arif. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dalam Bentuk Multimedia Interaktif Untuk Siswa Sekolah Mengah Pertama (SMP) Kelas VII. Tesis, Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sapto Adi., M.Kes, (2) Dr. Eko Hariyanto., M.Pd. Kata kunci: bahan ajar, multimedia interaktif, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). Bahan ajar berperan penting dalam proses pembelajaran, terdapat bahan ajar yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran salah satunya yaitu multimedia interaktif. Multimedia interaktif mempengaruhi pola pikir, perhatian, kemauan dan perasaan peserta didik pada proses belajar sehingga secara disengaja proses belajar dapat terjadi, terkendali. Multimedia interaktif dapat digunakan pada proses pembelajaran disekolah salah satunya yaitu pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan bahan ajar mata pelajaran PJOK kelas VII SMP dalam bentuk multimedia interaktif yang berisi materi PJOK SMP Kelas VII yang didalamnya terdapat berbagai konten yaitu teks, gambar, audio, video, animasi. Penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan di tingkat SMP kelas VII ini menggunakan langkah-langkah dari model pengembangan multimedia oleh Lee & Owen yang mana terdapat 5 langkah, langkah pertama analisis, kedua desain, ketiga pengembangan, keempat implementasi, dan kelima evaluasi. Teknik analisis data pada proses penelitian pengembangan ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Produk akhir yang dihasilkan berupa multimedia interaktif yang berisi materi PJOK Kelas VII yaitu sepak bola, bola voli, bola basket, bulutangkis, tenis meja, jalan cepat, lari jarak pendek, tolak peluru, bela diri, latihan dan pengukuran kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan, senam lantai, aktivitas gerak berirama, aktivitas renang, pola makan sehat, yang didalamnya didukung dengan teks, gambar, audio, video, dan animasi. Hasil analisis data dari para ahli diperoleh hasil 79.80%, berdasarkan persentase yang diperoleh, multimedia interaktif yang dikembangkan masuk dalam kriteria cukup valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil. Hasil analisis data dari uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 85%, berdasarkan kriteria yang ditetapkan dapat diinterpretasikan bahwa multimedia interaktif yang telah dikembangkan masuk kriteria cukup valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil, Hasil analisis data dari uji coba kelompok besar diperoleh persentase 87.35%, berdasarkan kriteria yang ditetapkan dapat diinterpretasikan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat valid. Dari data di atas dapat diambil kesimpulan bahwa pengembangan bahan ajar mata pelajaran PJOK dalam bentuk multimedia interaktif untuk siswa SMP kelas VII layak digunakan. Sebagai tindak lanjut jika dilakukan rujukan diharapkan dapat dikembangkan pada sekolah yang lain dan pada tingkat jenjang yang berbeda, tidak hanya pada kelas VII saja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62145

Actions (login required)

View Item View Item