Pemahaman guru terhadap perubahan kurikulum dan proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di kelas IV Sekolah Dasar Inti Kota Malang / Slamet Yulianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman guru terhadap perubahan kurikulum dan proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di kelas IV Sekolah Dasar Inti Kota Malang / Slamet Yulianto

Yulianto, Slamet (2017) Pemahaman guru terhadap perubahan kurikulum dan proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di kelas IV Sekolah Dasar Inti Kota Malang / Slamet Yulianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Slamet Yulianto. 2016. Pemahaman Guru Terhadap Perubahan Kurikulum Dan Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di Kelas IV Sekolah Dasar Inti Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Roesdiyanto M.Kes (2) Dr. Sugiharto M.S. Kata kunci analisis kurikulum PJOK pembelajaran sekolah dasar Perubahan kurikulum merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas masyarakat di Indonesia. Perubahan kurikulum hendaknya selalu diikuti dengan perubahan proses pembelajaran sebagai langkah penerapan tujuan perubahan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pemahaman guru PJOK di SD inti kota Malang terhadap perubahan kurikulum dan proses pembelajaran PJOK yang diterapkan sesuai tuntutan perubahan kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi untuk mengungkap fenomena alami langsung dari sudut pandang guru PJOK. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 guru PJOK di SD inti kota Malang. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi pada kegiatan pembelajaran dan analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru PJOK. Analisis data kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman dengan tiga tahap kegiatan yaitu reduksi data penyajian data dan membuat kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi member check audit trail dan expert opinion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 64% guru PJOK di SD inti kota Malang telah memahami perubahan kurikulum dan 36% guru PJOK lainya belum memahami perubahan kurikulum. Namun hasil penerapan proses pembelajaran 64% guru PJOK di SD inti kota Malang melaksanakan proses pembelajaran PJOK tidak sesuai dengan tuntutan perubahan kurikulum dan hanya 36% proses pembelajaran PJOK di SD inti kota Malang yang sesuai dengan perubahan kurikulum. 64% proses pembelajaran PJOK tidak sesuai dengan tuntutan perubahan kurikulum memiliki kecenderungan dilakukan oleh guru PJOK senior dengan latar belakang pendidikan sarjana olahraga berpengalaman kerja 16-36 tahun berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah bersertifikasi selalu mengikuti kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan sosialisasi kurikulum memahami konsep matapelajaran PJOK dan guru yang memahami dan tidak memahami konsep perubahan kurikulum. 36% proses pembelajaran yang sesuai tuntutan perubahan kurikulum memiliki kecenderungan dilakukan oleh guru PJOK muda dengan latar belakang pendidikan sarjana olahraga berpengalaman kerja 2-10 tahun berstatus Guru Tidak Tetap (GTT) dan belum bersertifikasi selalu mengikuti kegiatan KKG dan sosialisasi kurikulum memahami konsep matapelajaran PJOK dan juga memahami konsep perubahan kurikulum.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62144

Actions (login required)

View Item View Item