Pengembangan instrumen pengetahuan mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan untuk siswa kelas XII SMA / Edo Rachmad Ardyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen pengetahuan mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan untuk siswa kelas XII SMA / Edo Rachmad Ardyanto

Ardyanto, Edo Rachmad (2017) Pengembangan instrumen pengetahuan mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan untuk siswa kelas XII SMA / Edo Rachmad Ardyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardyanto Edo Rachmad. 2016. Pengembanganinstrumen pengetahuan mata pelajaran PJOK untuk siswa kelas XII SMA. Tesis Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Prof. Dr. M. E. Winarno. M. Pd. (2) Dr. Sapto Adi. M.Kes. Kata kunci pengembangan instumen pengetahuan PJOK SMA Proses evaluasimerupakansalahsatutugas guru yang akanmenetukanarah proses pembelajaran.MenurutWinarno (2004 4) menyatakanbahwaevaluasimerupakansuatu proses yang sistematisuntukmenentukannilaiberdasarkan data yang dikumpulkanmelaluipengukuran. Dari hasil observasi awal dapat diambil kesimpulan yang telah dilakukan bahwa evaluasi pengetahuan diberikan hanya pada akhir semester dan tidak terdapat kisi-kisi soal dan tingkat kemampuan berfikir. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan instrumen pengetahuan mata pelajaran PJOK kelas XII SMA diharapkan memiliki validitas reliabilitas indeks kesukaran soal dan indeks daya beda yang baik. Penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kediri ini merujuk pada pendapat dari Suryabrata (2000 68) dan dimodifikasi sampai langkah ke-8. Pada proses penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data didapat dari hasil validasi ahli PJOK didapatkan hasil 12 butir soal (8 5%) tidak valid 132 butir soal (91 5%) dinyatakan valid. Dari ahli bahasa didapatkan hasil 100% valid namun beberapa soal memerlukan revisi kecil. Kemudian data dari ahli media didapatkan hasil produk secara keseluruhan diperoleh persentase sebesar 82 50%. Hasil uji coba kelompok kecil sebanyak 131 butir soal dinyatakan valid sebanyak 11 butir soal dinyatakan tidak valid reliabilitas soal 0 85 dan masuk kategori cukup. Indek daya beda dinyatakan 34 butir soal (23 94%) kategori tidak baik 39 butir soal (27 46%) kategori kurang 69 butir soal (48 59%) kategori sangat baik. Hasil uji coba kelompok besar diperoleh data sebanyak 131 butir soal dinyatakan valid reliabilitas sebesar 0 78% dan masuk kategori cukup.Indek daya beda dinyatakan 22 butir soal (16 79%) kategori tidak baik 13 butir soal (9 92%) kategori kurang 69 butir soal (52 67%) kategori baik 27 butir soal (20 61%) kategori sangat baik. Indeks kesukaran 64 butir soal (48 85%) dinyatakan masuk kategori sedang 36 butir soal (27 48%) termasuk kategori mudah 31 butir soal (23 66%) termasuk kategori sukar. Hasil uji kelayakan produk untuk mengetahui tingkat kemenarikan diperoleh 87 5% kriteria kemudahan diperoleh 85% kriteria kejelasan diperoleh 92 5% dan kriteria manfaat produk diperoleh 90%. Dari data diatas dapat diambil kesimpulan bahwa pengembangan instrumen pengetahuan untuk mata pelajaran PJOK untuk siswa kelas XII SMA layak digunakan. Sebagai tindak lanjut jika dilakukan rujukan diharapkan dapat dikembangkan pada sekolah yang lain dan pada tingkat jenjang yang berbeda tidak hanya pada kelas XII SMA saja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62143

Actions (login required)

View Item View Item