Peningkatan hasil belajar matematika tentang bangun datar melalui media sirkuit pintar pada kelas III SDN Sidomulyo 02 Kabupaten Blitar / Dimas Rachmad Aziz - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika tentang bangun datar melalui media sirkuit pintar pada kelas III SDN Sidomulyo 02 Kabupaten Blitar / Dimas Rachmad Aziz

Azis, Dimas Rachmad (2016) Peningkatan hasil belajar matematika tentang bangun datar melalui media sirkuit pintar pada kelas III SDN Sidomulyo 02 Kabupaten Blitar / Dimas Rachmad Aziz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azis Dimas Rachmad. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Bangun Datar melalui Media Sirkuit Pintar Pada Kelas III SDN Sidomulyo 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. H. Sunyoto S.Pd M.Si (2) Prof. Dr.H.M.Zainuddin M.Pd Kata kunci hasil belajar matematika media sirkuit pintar Hasil observasi awal pada pembelajaran Matematika dengan materi pecahan di kelas III SDN Sidomulyo 02 Kabupaten Blitar diketahui (1) guru tidak menggunakan media pembelajaran (2) siswa kurang bersemangat dalam belajar (3) siswa cenderung bermain sendiri dengan teman sebangku. Hal tersebut mengakibatkan hanya 2 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM dan sisanya 8 siswa dibawah KKM. Cara yang dipilih untuk mengatasi masalah tersebut adalah melalui penggunaan media Sirkuit Pintar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media Sirkuit Pintar dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika tentang Bangun Datar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Sidomulyo 02 Kabupaten Blitar. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data melalui tahapan reduksi data menyajikan data kemudian menarik kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media Sirkuit Pintar dapat dikatakan berhasil. Pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Hal ini berpengaruh pada aktifitas siswa dan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Aktifitas siswa pada siklus I mencapai 75% dengan kategori baik pada siklus II mengalami peningkatan hingga 100% dengan kategori sangat baik. Selain aktifitas siswa hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada pratindakan mencapai 20% dengan kategori sangat kurang baik. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 50% dengan kategori kurang baik. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat mencapai 80% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika tentang Bangun Datar dengan menggunakan media Sirkuit Pintar pada kelas III SDN Sidomulyo 02 Kabupaten Blitar dapat meningkatkan aktifitas siswa dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Oleh karena itu disarankan bagi guru agar menggunakan media Sirkuit Pintar dalam pembelajaran Matematika agar hasilnya lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6213

Actions (login required)

View Item View Item