Pengaruh penggunaan media pembelajaran panel hidrolik terhadap hasil belajar mata diklat hidrolik siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Alat Berat SMK Negeri 1 Singosari / Sunawi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media pembelajaran panel hidrolik terhadap hasil belajar mata diklat hidrolik siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Alat Berat SMK Negeri 1 Singosari / Sunawi

UNSPECIFIED (2011) Pengaruh penggunaan media pembelajaran panel hidrolik terhadap hasil belajar mata diklat hidrolik siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Alat Berat SMK Negeri 1 Singosari / Sunawi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata- kata Kunci media pembelajaran motivasi berprestasi hasil belajar Hasil belajar hal yang selalu menjadi orientasi dari setiap pelaksanaan proses pembelajaran. Inti dari proses pembelajaran adalah penyampaian informasi melalui pemberian pengalaman oleh guru kepada siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Fakta di lapangan menunjukkan kurang optimalnya guru dalam melaksanakan proses pembelajaran terkait dengan pemanfaatan media pembelajaran dan pemahaman terhadap motivasi berprestasi siswa atau potensi siswa sebagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran panel terpisah panel utuh dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar sistem hidrolik di SMK Negeri 1 Singosari. Ada 3 hal yang dieksperimenkan yaitu (1) pengaruh yang signifikan hasil belajar sistem hidrolik antara kelompok peserta didik yang menggunakan media pembelajaran panel terpisah dan panel utuh (2) pengaruh yang signifikan hasil belajar sistem hidrolik antara kelompok siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi dengan kelompok siswa motivasi berprestasi rendah (3) interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi berprestasi siswa ada pengaruh terhadap hasil belajar sistem hidrolik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengukuran terhadap variabel yang dioperasikan dengan menggunakan instrumen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes tertulis dalam bentuk tes objektif. Data yang dimaksud adalah hasil belajar sistem hidrolik. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Analisis data dilakukan dengan analisis ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan hasil belajar sistem hidrolik antara kelompok siswa yang menggunakan media pembelajaran panel terpisah dan media pembelajaran panel utuh (2) ada pengaruh terhadap hasil belajar antara kelompok siswa yang motivasi berprestasi tinggi dengan kelompok siswa yang motivasi berprestasi rendah (3) tidak ada interaksi antara penggunaan media pembelajaran panel dan motivasi berprestasi yang berpengaruh terhadap hasil belajar sistem hidrolik . Berdasarkan hal tersebut guru perlu mengusai penggunaan media pembelajaran sehingga dalam proses pembelajaran dapat memaksimalkan informasi yang disampaikan kepada siswa SMK hendaknya lebih inovatif dan variatif dalam pembuatan media pembelajaran perlunya pemenuhan kebutuhan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran oleh pihak terkait.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62129

Actions (login required)

View Item View Item